Kerja Susah Fokus? Intip Tips Jitunya dari Master Catur Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 17 Des 2020 12:04 WIB
Ilustrasi karyawan yang sedang lelah dan mengantuk di kantor
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Juara catur wanita Amerika Serikat (AS) Jennifer Shahade sejak usia 5 tahun telah terjun ke dunia catur. Pada usia 9 tahun dirinya mulai mengikuti berbagai tingkat turnamen catur. Shahade berkeliling dunia untuk bermain dalam pertandingan catur.

Saat ini, Shahade di usianya menginjak 39, adalah Direktur Program Wanita di Federasi Catur AS dan juga pemain poker kompetitif. Untuk pecatur pemula, Shahade menyarankan untuk memiliki fokus dan konsentrasi yang dalam, hal itu jadi keterampilan yang paling penting untuk dikembangkan.

Mengutip dari CNBC, Kamis (17/12/2020) Shahade membagikan tips untuk tetap fokus. Tips ini juga bisa digunakan untuk berbagai pekerjaan dan aktivitas.

Ketahui Jam Terbaik untuk Bekerja

Menurut Shahade sangat penting mengetahui jam berapa waktu terbaik untuk bekerja. Sebab dengan begitu kita tetap bisa mengerjakan pekerjaan melelahkan apapun jika waktunya tepat untuk diri sendiri.

"Senang rasanya mencari tahu jam berapa Anda bekerja paling optimal," katanya.

Temukan Waktu Tenang

Sebelum pertandingan besar, Shahade suka menyendiri, terutama sebelum pertandingan, untuk mempersiapkan mental dirinya. Hal ini bisa dilakukan untuk semua orang, temukan waktu tenang masing-masing agar menjaga fokus dan mental diri.

Selanjutnya
Halaman
1 2