Cieee! K-Pop dan Drakor Bikin Hubungan Dagang RI-Korsel Makin Mesra

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 18 Des 2020 13:26 WIB
meme bintanf kpop naik lift
Foto: Twitter
Jakarta -

Hubungan perdagangan Indonesia dengan Korea Selatan (Korsel) semakin mesra dengan ditandatanganinya Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, salah satu faktor yang membuat hubungan RI-Korsel makin mesra ialah budaya negara tersebut yang dibawa ke Tanah Air melalui K-Pop dan drama Korea (Drakor).

"Tidak dipungkiri salah satu faktor kedekatan Indonesia dengan Korsel adalah melalui jalinan budaya Korea yang dibawa oleh K-POP, drama Korea, dan variety show yang dikemas secara apik dan menarik. Kedekatan tersebut adalah modal kuat bagi hubungan lebih dalam bagi masyarakat kedua negara," kata Agus dalam konferensi pers penandatanganan IK-CEPA dari Seoul yang disiarkan virtual, Jumat (18/12/2020).

Ia mengatakan, budaya Korea seperti K-Pop melalui media-media tersebut menjadi sarana komunikasi yang berdampak baik dalam hubungan bisnis kedua negara.

"Dalam berhubungan atau berkomunikasi terutama khususnya dalam bisnis, budaya adalah salah satu sarana komunikasi. Nah ini akan mempererat dan memudahkan dalam berkomunikasi, khususnya bidang perdagangan, ini akan membawa hal-hal yang sifatnya lebih praktis," ujarnya.

Melalui IK-CEPA tersebut, ia menargetkan total perdagangan Indonesia dengan Korsel akan terus meningkat. Ia menargetkan, setelah IK-CEPA selesai diratifikasi dan diimplementasi, total perdagangan kedua negara bisa meningkat 5-10% pada tahap awal.

Kalau budaya seperti K-Pop dan drakor ini kedua negara sudah saling tertarik, maka akan menjadi hal yang sangat membantu sarana komunikasi, terutama untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

"Dengan adanya IK-CEPA ditargetkan paling tidak meningkat sekitar US$ 20 miliar di tahun berikutnya, dan setelah adanya pelaksanaan IK-CEPA atau sudah diratifikasi, ini akan dimanfaatkan kedua belah pihak dengan harapan pasti akan meningkat. Paling tidak peningkatan di tahun-tahun berikutnya minimal 5-10% di tahap awal," jelas Agus.

Selanjutnya
Halaman
1 2