Jokowi Tegaskan Vaksin Corona Gratis Tak Cuma buat Peserta BPJS Kesehatan

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 18 Des 2020 16:15 WIB
Presiden Jokowi mengecek persiapan new normal di stasiun MRT dan Summarecon Mall Bekasi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan vaksin Corona akan diberikan gratis kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Termasuk masyarakat yang bukan peserta BPJS Kesehatan

Jokowi mengakui ada isu yang berkembang bahwa vaksin gratis hanya untuk peserta BPJS Kesehatan. Dia menampik isu tersebut.

"Tidak ada kaitannya dengan anggota BPJS. Kan ada isu itu yang divaksin hanya memiliki kartu BPJS. Tidak. Semuanya, seluruh warga bisa mengikuti vaksinasi," ucapnya dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (18/12/2020).

Jokowi menjelaskan nantinya untuk proses vaksinasi vaksin Corona akan diatur oleh kelurahan atau Puskesmas setempat. Masyarakat diminta untuk menunggu pengumuman dari kelurahan atau Puskesmas terdekat.

"Saya sampaikan bahwa pemberian vaksin nanti tidak dipungut biaya, alias gratis. Mungkin nanti akan ada pemberitahuan dari Puskesmas atau kelurahan mengenai kapan vaksinasi. Karena vaksinnya sudah ada, tinggal dimulai kapan," terangnya.

Jokowi berharap tidak ada masyarakat yang menolak untuk disuntik vaksin COVID-19 karena khawatir keamanan dan kehalalannya. Sebab pemerintah juga melibatkan MUI dalam mendatangkan vaksin tersebut.

"Jadi vaksin (Corona) itu untuk semua rakyat tidak terkecuali. Supaya kita bisa kembali hidup normal," tutupnya.

(das/fdl)