Bicara Vaksin Corona Lagi, Jokowi: Saya Harap Tidak Ada yang Menolak

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 18 Des 2020 14:47 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait penetapan Menteri Sosial Juliari P. Batubara sebagai tersangka
Foto: BPMI Setpres/Rusman
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan vaksin Corona yang tengah disiapkan pemerintah akan diberikan secara gratis untuk masyarakat. Dia berharap tidak ada lagi yang menolak vaksin tersebut.

Jokowi kembali berbicara mengenai vaksin COVID-19 saat memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha mikro di Istana Bogor, Jumat (18/12/2020). Dia menegaskan bahwa pemerintah juga melibatkan MUI dalam mendatangkan vaksin tersebut.

"Saya harapkan semuanya mau tidak ada yang menolak. Karena apa? vaksin itu juga sudah diikuti oleh MUI sudah oleh Kementerian Agama sampai di pabrik ya diikuti. Dan nanti apa dari MUI juga akan mengeluarkan mengenai apa kehalalan dari vaksin itu. jadi sudah," ucapnya.

Jokowi kemudian bertanya kepada para pelaku usaha mikro yang diundang ke Istana. Mereka yang merupakan pedagang kaki lima hingga pemilik warung rumahan pun mengaku bersedia untuk ikut vaksin Corona.

"Sekali lagi Siapa yang hadir di sini yang ingin divaksin? tunjuk jari ada yang tidak tunjuk berarti nggak mau? mau semua," ucapnya.

Jokowi juga kembali menegaskan bahwa dirinya akan menjadi yang pertama disuntik vaksin COVID-19 di Indonesia. Tujuannya untuk membuktikan kepada masyarakat luas bahwa vaksin tersebut aman.

"Di Indonesia ini saya yang pertama kali, untuk menunjukkan bahwa divaksin (Corona) tidak apa-apa. Sehingga nanti kalau semua nanti sudah divaksin ya artinya kita sudah kembali normal lagi," tegasnya.

(das/fdl)