Taco Bell Buka Cabang di RI Saat Pandemi, Bisnis Restoran Bergairah Lagi?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 18 Des 2020 18:15 WIB
Taco Bell Buka Gerai Pertama di Indonesia Hari Ini
Foto: dok. Taco Bell Indonesia
Jakarta -

Taco Bell baru saja membuka gerai Taco Bell di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. Gerai pertama restoran yang dikelola oleh PT Fast Food Indonesia (FAST) itu dibuka di kala virus Corona (COVID-19) masih mewabah di Indonesia.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani, pembukaan bisnis franchise makanan memang masih sangat terbuka di Indonesia hingga saat ini.

"Jadi kalau franchise masih sangat terbuka di Indonesia. Peluangnya baik untuk yang lokal maupun asing itu sangat besar," kata Hariyadi ketika dihubungi detikcom, Jumat (18/12/2020).

Hanya saja, pandemi Corona yang belum usai ini masih memberikan risiko besar bagi bisnis franchise, terutama yang pertama buka di Indonesia seperti Taco Bell.

"Kalau pandemi mah semua sama risikonya. Kalau buka restoran sekarang ya challenging," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Umum PHRI Bidang Restoran Emil Arifin mengatakan, meski pandemi Corona masih menyulitkan bisnis restoran, kehadiran Taco Bell di Indonesia memberikan sinyal baik bagi bisnis restoran.

"Bisnis restoran sebenarnya bagus, tapi karena Corona ini saja mengganggu, jadi rugi. Tapi itu menggambarkan bahwa kepercayaan dari asing juga masih tinggi itu membuat restoran di Indonesia," tutur Emil.