Mentan Kembangkan Komoditas Kelapa Pakai Cara Ini

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Sabtu, 19 Des 2020 20:00 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo menanam pohon kelapa di Karanganyar.
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo segera mengembangkan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menjadi perkebunan rakyat. Pohon kelapa dipilih sebagai fokus pengembangan komoditas.

Hal tersebut dia sampaikan saat berkunjung di kampung halaman Presiden Joko Widodo (Jokowi), Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Sabtu (19/12/2020). Secara simbolis, Syahrul bersama Bupati Karanganyar Juliyatmono menanam pohon kelapa dan jeruk di lokasi peninjauan integrated farming.

Syahrul mengatakan perkebunan rakyat yang dimaksud ialah bercocok tanam di halaman rumah. Dia akan membagikan pohon kelapa kepada setiap keluarga.

"Tiap rumah by name by address dikasih kelapa. Itu kalau ada satu rumah satu kelapa nanti ada kebun besar kelapa. Ada halaman sedikit jangan disia-siakan," kata Syahrul.

Menurutnya, rencana tersebut masih dalam pembahasan. Namun dia telah menjanjikan akan membuat memorandum of understanding (MoU) dengan Pemkab Karanganyar terkait rencana itu.

"Coba dirumuskan itu Pak Bupati, tapi satu Karanganyar bukan di desa ini saja. Minggu depan kita ajak MoU," katanya.

Pohon kelapa dipilih karena memiliki komoditas yang bervariasi, mulai dari air, isi, hingga batok kelapa dapat diolah menjadi banyak produk.

"Kita nanti bisa punya pabrik CPO (crude palm oil) di sini, pabrik briket tempurung di sini, nata de coco," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2