Mentan: Stok Pangan Natal dan Tahun Baru Tidak Terganggu

Ragil Ajiyanto - detikFinance
Sabtu, 19 Des 2020 20:45 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo
Foto: Kementan
Boyolali -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, menjamin stok pangan untuk kebutuhan masyarakat pada libur Natal dan tahun baru cukup. Bahkan, hingga beberapa bulan ke depan masih aman.

"Stok pangan Natal dan tahun baru tidak terganggu, sampai dengan bulan-bulan berikut, Insyaallah," ujar Syahrul saat meninjau kawasan pertanian dengan budi daya integrated farming di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Sabtu (19/12/2020).

Syahrul menyatakan, di masa pandemi Corona atau COVID-19 ini produksi pertanian di Indonesia sangat baik dan mencukupi. Pihaknya yakin, apa yang telah dilakukan pemerintah pusat bersama gubernur, pemerintah daerah/kabupaten dengan kelompok tani dan petani yang tetap bekerja keras di masa pandemi ini.

"Karena memang kita yakin, sesuai perintah Bapak Presiden bawa pertanian harus menjadi pilar kekuatan bangsa di dalam menghadapi tantangan-tantangan akibat pandemi ini khususnya terkait dengan masalah ekonomi yang tentu saja secara mendunia melemah. Kita berharap ketahanan pangan kita cukup, dengan demikian tantangan-tantangan itu bisa secara berangsur bisa kita lewati, karena memang kita memiliki kekuatan dari alam, dari petani yang terus bekerja dengan baik," katanya.

Menurut dia, produksi pertanian di Indonesia tahun ini sangat baik dan terkendali. Bahkan sejumlah daerah mengalami surplus dan bisa diberikan ke daerah-daerah lain di Indonesia yang mengalami kekurangan.

"Sangat baik, sangat terkendali dan katakanlah di Boyolali saja kita punya over stock, ketahanan pangan cukup maksimal, bahkan kita mampu memberikan ke daerah-daerah lain yang ada di seluruh Indonesia," jelas dia.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2