Strategi e-Commerce Bertahan Lawan Hantaman COVID, Begini Hasilnya

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 20 Des 2020 15:05 WIB
Bisnis online
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Transaksi belanja merchant di e-commerce Akulaku melejit dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Hal ini dirasakan langsung oleh Steven Huang, salah satu merchant platform e-commerce PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku) yang menjual pakaian laki-laki.

Steven mengatakan, transaksi belanja saat promo Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) 2020 pada tanggal 12 Desember kemarin mampu meningkatkan penjualan yang signifikan, terutama dengan adanya promo cicilan 0 persen dan juga 'ketuk telur' yang diadakan di Akulaku.

Menurutnya, peningkatan transaksi penjualan toko online (daring) di ajang pesta belanja online terbesar di Indonesia ini selain berkat promo yang diadakan oleh Akulaku, juga berkat persaingan harga dari masing-masing merchant.

"Dampak yang saya rasakan memang promo cicilan 0 persen dari Akulaku dapat meningkatkan omzet toko saya, karena konsumen sangat tertarik untuk menggunakan cicilan 0 persen saat berbelanja. Penjualan kemarin saat harbolnas meningkat hingga 50 persen," ujar Steven, kepada media, Sabtu (19/12/2020).

Steven mengatakan peningkatan omzet dan transaksi di e-commerce Akulaku tidak hanya dari faktor promosi harbolnas saja, melainkan ada beberapa faktor lain yang sangat menentukan performa toko online di e-commerce. Diantara faktor-faktor tersebut adalah persiapan operasional toko yang matang, karena di saat promo Harbolnas biasanya animo pembeli akan sangat tinggi, oleh karenanya persiapan stok barang harus banyak.

Berkaca pada promo 11.11 yang lalu, Steven merasa dirinya kurang mempersiapkan aspek operasionalnya secara matang, karena saat itu jumlah stok barang yang dijual kurang banyak sehingga mengakibatkan over demand dan penjualannya pun terbatas. Pada puncak harbolnas 12.12 ini Steven telah menyiapkan persiapan yang lebih matang dan menyediakan stok barang yang cukup untuk memenuhi permintaan konsumen.

"Menurut saya kesiapan stok barang sangat berpengaruh pada penjualan merchant, jadi manajemen stok barang itu penting," ungkapnya.

Sebelumnya, platform e-commerce Akulaku telah mendulang sukses saat pesta diskon 11.11 pada November lalu dan berhasil meningkatkan jumlah transaksi harian lebih dari 300 persen dari transaksi hari biasa.

(dna/dna)