Catat! Rapid Test Antigen di 9 Stasiun Ini Cuma Rp 105 Ribu

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 21 Des 2020 10:21 WIB
Stasiun Gambir di Hari Pertama Cuti Bersama
Ilustrasi/Foto: Soraya Novika/detikcom
Jakarta -

PT KAI (Persero) mulai besok akan mewajibkan rapid test antigen sebagai syarat perjalanan bagi penumpang kereta api jarak jauh di Pulau Jawa. Seiring dengan itu, KAI juga mulai menyiapkan layanan rapid test antigen murah yang akan tersedia di 10 stasiun.

EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah mengatakan layanan rapid test antigen akan disediakan di beberapa stasiun KAI mulai hari ini. KAI sendiri menyediakan layanan rapid test antigen di stasiun dengan harga Rp 105 ribu per sekali tes.

"Layanan ini tersedia melalui Sinergi BUMN dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup," ujar Dadan dalam keterangannya, Senin (21/12/2020).

Dadang mengimbau kepada masyarakat yang ingin menggunakan layanan tes rapid antigen di stasiun untuk melakukannya pada H-1 perjalanan, sehingga bisa menghindari keterlambatan jika dilakukan di hari keberangkatan. Terlebih lagi proses pelayanan rapid test antigen memakan waktu lebih lama dibanding tes rapid antibodi.

"Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api," ujar Dadan.

Adapun KAI sudah mewajibkan penumpang kereta api jarak jauh di Pulau Jawa untuk menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen yang hasilnya negatif sebelum naik kereta api.

Kebijakan ini berlaku mulai besok sampai 8 Januari 2021. Rapid test antigen wajib dilakukan selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3).

Pada tahap awal, layanan rapid test antigen itu tersebut tersedia di 9 stasiun, ini daftarnya:

  1. Stasiun Gambir
  2. Stasiun Pasar Senen
  3. Stasiun Kiaracondong
  4. Stasiun Cirebon Prujakan
  5. Stasiun Tegal
  6. Stasiun Semarang Tawang
  7. Stasiun Yogyakarta
  8. Stasiun Surabaya Gubeng
  9. Stasiun Surabaya Pasar Turi
(ara/ara)