KAI Diingatkan Tambah Jumlah Penumpang Buat Jaga Kinerja

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 16 Des 2020 13:49 WIB
Ada yang pangling dari tampilan lokomotif PT Kereta Api Indonesia (Persero). Ya ada perubahan logo KAI.
Foto: dok Kereta Api Indonesia
Jakarta -

Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta kepada PT Kereta Api (Persero) untuk meningkatkan pertumbuhan penumpang hingga 11,9 persen per tahun.

Ketua Komisi VI Faisol Riza mengatakan target ini diperlukan untuk mendukung penambahan gerbang baru sebanyak 4.646 gerbong dan railway sepanjang 6.000 kilometer selama 5 tahun ke depan.

"Saya titip agar PT KAI memproyeksikan pertumbuhan penumpang 11,9% pertahun sehingga dalam 5 tahun membutuhkan 4.646 gerbong baru dan tentu saja pertumbuhan railway baru sepanjang 6.000 kilometer," kata Faisol saat FGD dengan PT KAI, Selasa 15 Desember 2020.

Selain itu, Faisol juga meminta kepada perusahaan pelat merah itu untuk mengkaji ulang rencana induk perkeretaapian nasional.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan telah memiliki rencana induk perkeretaapian hingga 2030 termasuk di dalamnya adalah pengembangan secara bertahap jalur rel di luar Pulau Jawa.

Rencana induk perkeretaapian tersebut juga memetakan kawasan industri yang memiliki potensi angkutan barang cukup besar di luar pulau Jawa. Kondisi tersebut dikarenakan potensinya populasinya yang tidak sebesar di pulau Jawa.

"Kami juga meminta agar rencana induk perkeretaapian nasional, dan pemerintah harus membantu penyederhanaan serta sinkronkan regulasi sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo," kata dia.

(dna/dna)