Tengok Lagi Sentilan Ahok buat Menteri yang Tertangkap Karena Sembako

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 22 Des 2020 18:00 WIB
Ilustrasi Ahok Pilgub DKI 2017
Foto: Ilustrator Edi Wahyono
Jakarta -

Kasus menteri yang tertangkap komisi pemberantasan korupsi (KPK) karena kasus sembako membuat Basuki Tjahaja Purnama (BTP) yang sekaligus founder Jangkau menilai hal tersebut seharusnya tidak terjadi jika bisa memanfaatkan teknologi.

Ahok menyebut, teknologi menjadi salah satu cara yang bisa memberikan dampak yang besar. Selain itu Ahok juga mengomentari jika subsidi selama ini tidak pernah tepat sasaran. Apa iya? Berikut fakta-faktanya:

Rekening Bank Bisa Atasi Masalah

Ahok menyebutkan pengiriman barang ke Papua akan begitu mahal. Dengan teknologi misalnya jika semua orang punya rekening bank maka bisa diatasi. Menurut dia data adalah masalah yang terpenting.

Harapan Ahok Tak Ada Lagi Menteri yang Tertangkap

Ahok juga berharap, tidak ada lagi menteri tertangkap karena masalah sembako. Menurut Ahok, dengan teknologi dan anggaran yang ada semua bisa transparan.

"Jadi saya harap tidak terjadi lagi gara-gara sembako menteri ketangkep gitu loh, ini kan kasihan banget gitu kan. Kenapa tidak dengan data yang ada, uang yang ada, ini semua dengan teknologi, ini semua transparan kalau dengan teknologi, ini yang saya harapkan," ujar Ahok.

Teknologi Bisa Bantu Rakyat dan Pemerintah

Eks Gubernur DKI Jakarta ini berharap, perkembangan teknologi bisa membantu masyarakat dan membantu pemerintah lebih bijak dalam mengambil kebijakan. Ahok juga berharap, keberadaan teknologi bisa mengurangi orang-orang yang mencuri.

"Saya berharap sekali dengan teknologi pasti makin pintar karena artificial intelligence segala macam. Kita bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dan membuat pemerintah lebih bijak membuat kebijakan dan mengurangi yang berani nyolong-nyolong karena subsidi bisa ke orang ke depan bukan ke barang lagi, itu harapan saya," kata Ahok.

(kil/dna)