Jadi Menparekraf, Ini Rencana Sandiaga Uno buat Pariwisata RI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 22 Des 2020 20:35 WIB
Sandiaga Uno di Istana Negara
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menggantikan Wishnutama Subandio.

Dalam keterangannya, Sandiaga menyampaikan tugas dan amanah yang disampaikan oleh Presiden merupakan hal yang berat. Apalagi untuk membangkitkan bangsa Indonesia dan pemulihan dari COVID-19.

"Melanjutkan agenda pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada sektor kesehatan dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata dia dalam keterangannya di siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Dia mengungkapkan ada jutaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang harus diselamatkan. Karena itu dibutuhkan agenda pembangunan di sektor tersebut untuk menghadirkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

Sandi menyebutkan dengan strategi inovasi dan teknologi bisa digunakan pendekatan big data dan pendekatan kekinian. Mulai untuk memetakan dari potensi maupun penguatan dan ekonomi kreatif.

Kemudian strategi adaptasi yakni mendahulukan kesehatan dan keselamatan di destinasi pariwisata.

"Ini membutuhkan kolaborasi dengan semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, akademisi universitas hingga masyarakat," jelas Sandi.

Selain itu pengusaha yang tergabung dalam Kamar dagang dan Industri Indonesia, Hipmi sampai PHRI juga sangat dibutuhkan untuk proses pemulihan dari pandemi COVID-19 ini.

(eds/eds)