Keren! Istiqlal Bakal Punya Co-Working Space buat UMKM

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 23 Des 2020 11:01 WIB
masjid istiqlal
Foto: Soraya Novika/detikcom

Untuk diketahui, sejak Mei 2019 lalu Masjid Istiqlal melalui berbagai rangkaian renovasi. Renovasinya melingkupi pekerjaan penataan beberapa kawasan, seperti pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage.

Renovasi ini disebut-sebut telah menelan biaya hingga Rp 465 miliar. Hasilnya, kini Masjid Istiqlal punya lokasi parkir dua lantai dengan kapasitas 2.000 kendaraan roda empat, bangunan dalam masjid, ruang perkantoran, toilet, area kolam pun tampak lebih baru dari sebelumnya.

Salah satu perbedaan paling mencolok adalah dari segi pencahayaan dalam bangunan masjid yang dibuat lebih modern dan dilengkapi teknologi teranyar. Pencahayaan yang dipasang di Masjid Istiqlal itu disebut-sebut sebagai sistem pencahayaan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Lansekap kawasan masjid juga ditata ulang dengan penambahan tanaman dan pot bunga sehingga menambah porsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sana dari 29% menjadi 35%. Selain itu, tersedia pula fasilitas teknologi air siap minum dengan kapasitas 5.000 liter yang diperuntukkan buat para jamaah yang beribadah maupun sekadar berkunjung ke sana.

Halaman


Simak Video "Menteri Pertahanan AS Christopher Miller Kunjungi Masjid Istiqlal "
[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)