Keren! Istiqlal Bakal Punya Co-Working Space buat UMKM

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 23 Des 2020 11:01 WIB
masjid istiqlal
Foto: Soraya Novika/detikcom
Jakarta -

Masjid Istiqlal yang baru bakal dilengkapi dengan co-working space buat para pelaku UMKM Indonesia. Rencananya, co-working space ini bakal berada di lantai bawah Masjid Istiqlal.

Kapasitasnya bisa mencapai sekitar 1.000 orang. Harapannya dengan adanya co-working space ini kelak masjid bisa lebih semakin bermanfaat pada pengembangan ekosistem halal dan tujuannya Indonesia menjadi pusat eksportir produk halal dunia bisa terwujud.

"Di lantai bawah ini kita bisa manfaatkan segala macam termasuk perkantoran sebagian dan bisa menampung sekitar 1.000 orang," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar dalam acara peluncuran program Istiqlal Indonesia Halal Center (IIHC) dalam rangka menyambut New Istiqlal di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Masjid Istiqlal yang baru akan benar-benar difokuskan menjadi hub untuk meningkatkan dan memberdayakan ekonomi umat. Jadi, selain menyediakan co-working space, Masjid Istiqlal yang baru juga menyediakan area khusus yang khusus menjual produk-produk halal buatan para pelaku UMKM Indonesia.

Masjid Istiqlal yang baru juga akan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan UMKM agar mampu menghasilkan produk berdaya saing global. Rencananya mulai tahun 2021 nanti Masjid Istiqlal akan bekerja sama dengan Akselelator produk lokal Indonesia, Big Indonesia Foundation memberikan pelatihan dan pendidikan dalam menangani permasalahan utama UKM/IKM terutama untuk produk halal agar bisa menembus pasar ritel dan ekspor. Selain itu, juga sebagai sharing pengetahuan lainnya terkait kapasitas produksi,sumber daya manusia, daya saing global, digitalisasi serta akses pasar dan permodalan.

Selain itu, Masjid Istiqlal juga meluncurkan yang namanya aplikasi marketplace khusus menjajakan produk-produk halal. Nama aplikasi marketplace itu adalah E-Istiqlal. Platform jual beli online produk halal Indonesia ini selain menjajakan produk-produk halal, ada juga fitur yang berisi layanan dakwah dan informasi terupdate seputar dunia Islam.

Bagian mana saja yang direnovasi? Lihat di halaman berikutnya.

Untuk diketahui, sejak Mei 2019 lalu Masjid Istiqlal melalui berbagai rangkaian renovasi. Renovasinya melingkupi pekerjaan penataan beberapa kawasan, seperti pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage.

Renovasi ini disebut-sebut telah menelan biaya hingga Rp 465 miliar. Hasilnya, kini Masjid Istiqlal punya lokasi parkir dua lantai dengan kapasitas 2.000 kendaraan roda empat, bangunan dalam masjid, ruang perkantoran, toilet, area kolam pun tampak lebih baru dari sebelumnya.

Salah satu perbedaan paling mencolok adalah dari segi pencahayaan dalam bangunan masjid yang dibuat lebih modern dan dilengkapi teknologi teranyar. Pencahayaan yang dipasang di Masjid Istiqlal itu disebut-sebut sebagai sistem pencahayaan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Lansekap kawasan masjid juga ditata ulang dengan penambahan tanaman dan pot bunga sehingga menambah porsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sana dari 29% menjadi 35%. Selain itu, tersedia pula fasilitas teknologi air siap minum dengan kapasitas 5.000 liter yang diperuntukkan buat para jamaah yang beribadah maupun sekadar berkunjung ke sana.



Simak Video "Menteri Pertahanan AS Christopher Miller Kunjungi Masjid Istiqlal "
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)