Penumpang YIA Kini Bisa Rapid Test di Bandara Adisutjipto

Jauh Hari Wawan S - detikFinance
Kamis, 24 Des 2020 18:24 WIB
Sejumlah penumpang menjalani rapid test antigen di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara. Rapid test antigen ini menjadi syarat penumpang perjalanan jarak jauh.
Foto: Pradita Utama
Sleman -

Bandara Adisutjipto Yogyakarta membuka fasilitas layanan rapid test antigen dan antibodi untuk penumpang pesawat. Layanan ini didukung oleh PT Angkasa Pura Supports sebagai dan Laboratorium Klinik An-Nur sebagai pelaksana. Kini dua bandara di Yogya semuanya melayani rapid test.

"Guna memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penumpang pesawat, maka kami merasa perlu untuk mengadakan layanan rapid test di Bandara Adisutjipto," kata General Manager Bandara Adisutjipto, Marsma TNI Agus Pandu Purnama dalam keterangannya, Kamis (24/12/2020).

Layanan rapid test dilakukan selama periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Dibuka mulai pukul 06.00 hingga pukul 16.00 WIB.

"Kami menyelenggarakan fasilitas ini dengan mendasari Surat Edaran nomor 3 Satgas Penanganan COVID-19. Surat Hasil Negatif Rapid Antigen menjadi salah satu syarat wajib untuk terbang merujuk SE No. 3 tersebut," jelasnya.

Pandu menjelaskan, layanan rapid test di Bandara Adisutjipto dikhususkan untuk penumpang yang hendak terbang melalui Bandara Adisutjipto. Namun, calon penumpang yang akan terbang dari Bandara Internasional Yogyakarta (YI) juga bisa melakukan test di Adisutjipto.

"Kami khususkan untuk penumpang pesawat di Bandara Adisutjipto dan YIA saja guna mengantisipasi terjadinya penumpukan orang karena keterbatasan tempat. Sehingga prokes tetap dapat kami jalankan secara aman dan tertib," terangnya.

Layanan Rapid Test Antigen di Bandara Adisutjipto akan dikenakan biaya sebesar Rp 170.000. Sedangkan untuk Rapid Test Antibodi dikenakan biaya sebesar Rp 85.000.

"Layanan rapid test berlokasi pada gedung EMPU yang berada di sisi timur Terminal A Bandara Adisutjipto. Kami harap layanan ini dapat mempermudah para penumpang pesawat yang hendak melakukan perjalanan selama libur Nataru," pungkasnya.

(dna/dna)