Trenggono Jadi Menteri KP Baru, Dahlan Iskan: Ia Kaya Bukan Main

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 25 Des 2020 15:30 WIB
Menteri BUMN Dahlan Iskan, gagal bertemu dengan Mahfud MD Jakarta, Rabu (14/05/2014). Mahfud MD tidak hadir dalam pertemuan diskusi padepokan, bertajuk
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu ini melantik 6 menteri baru dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju, di antaranya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Sakti Wahyu Trenggono, serta Menteri Sosial Tri Rismaharini. Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengukur kemampuan dua tokoh tersebut. Dimulai dari Trenggono, Dahlan mengaku tidak menyangka orang tersebut menjadi menteri kelautan dan perikanan.

"la pengusaha murni. Bidang usahanya tower Telkom. la-lah pemilik tower terbesar di Indonesia. Kayanya bukan main," kata Dahlan dikutip dari catatannya di situs web disway.id, Jumat (25/12/2020).

Sebelumnya, Trenggono ditunjuk menjadi wakil menteri pertahanan (wamenhan), mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sehingga menurutnya, setidaknya Trenggono sudah 'latihan' menjadi birokrat agar tidak kaget lagi. Potensi korupsi pun dianggap sangat minim jika mengacu kepada perolehan kekayaannya saat ini.

"Pohonnya tinggi berarti tiupan anginnya kencang. Buahnya jarang karena: Menteri itu gajinya kecil. Fasilitasnya tidak mewah. Tidak ada apa-apanya kalau ukurannya adalah kekayaannya saat ini. Maka untuk apa lagi korupsi -mestinya," paparnya.

Kementerian kelautan dan perikanan sendiri adalah bidang baru bagi Trenggono. Tapi kata Dahlan yang penting adalah kemampuan manajerial, kepemimpinan (leadership), dan kebersihan hati.

"Kemampuan leadership dan manajerial tentu ia mampu. Soal kebersihan hati hanya ia sendiri yang tahu," sebutnya.

Lalu bagaimana dengan Risma? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2