Jadi Menparekraf, Bisakah Sandiaga Selamatkan 40 Juta Pekerja?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 27 Des 2020 18:02 WIB
Sandiaga Uno
Foto: Deden Gunawan/detikcom
Jakarta -

Dilantiknya Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) membawa harapan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Apalagi, sektor ini terpukul karena pandemi Corona.

Bendahara Umum OK OCE Indonesia, Rahmat Agustiar meyakini, Sandiaga akan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta menciptakan lapangan pekerjaan.

"Bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara langsung akan membuka lapangan pekerjaan yang semakin langka selama pandemi COVID-19," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (27/12/2020).

Ia menilai, rekam jejak Sandiaga sebagai founder OK OCE mampu menjadikan OK OCE sebagai gerakan kewirausahaan nasional. Lalu, melahirkan banyak pengusaha muda dalam beberapa waktu belakangan ini.

"Harapan terbaik di bawah kepemimpinan beliau lapangan pekerjaan yang menjadi pekerjaan rumah utama imbas COVID-19 dapat segera teratasi dan tumbuh, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.

Sandiaga sendiri langsung bertemu dengan dua menteri yang juga sahabatnya yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, serta ditambah Kepala BPKM Bahlil Lahadalia begitu dilantik. Dalam pertemuan itu ia mengajak para menteri untuk bekerja bersama.

"Jadi hari ini kita langsung gerak cepat, saya mengunjungi Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) juga mengundang Pak Mendag dan Bapak Menteri Investasi kita Kepala BKPM karena kita harus berkolaborasi segera kebijakan ini harus kita pastikan eksekusi yang tepat waktu, tepat sasaran, tepat manfaat," jelas Sandiaga lewat akun Instgramnya @sandiuno.

"Dan tentunya lebih dari 40 juta lapangan kerja yang perlu kita selamatkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tambahnya.

(acd/dna)