Trenggono Pengin Pasar Ikan Tak Kumuh, Ini Strateginya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 27 Des 2020 18:59 WIB
Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono
Sakti Wahyu Trengono (Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik)
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk memperbaiki pasar ikan yang ada di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara.

Dia mau pasar ikan tidak melulu memiliki kesan yang kumuh dan tidak higienis. Trenggono mengatakan dia mau perbaiki sistem pasar ikan.

"Saya akan bekerja sama dengan Pemprov DKI untuk memperbaiki sistemnya, jadi saya mau pasar ikan jangan lagi dilihat kumuh dan tidak higienis," ujar Trenggono ditemui di Dermaga T, Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (27/12/2020).

Dia mengatakan sistem pemasaran ikan di pelabuhan bisa diubah. Menurutnya, akan lebih baik jika sejak masih ada di kapal, hasil tangkapan sudah bisa diketahui dan bisa dijual.

"Saya tanya-tanya ikannya udah mati berapa lama? Kalau misalnya 3-4 bulan di laut, kemudian jualnya ke mana, itu kan dikontrol oleh pemilik kapal misalnya, tapi saya rasa akan jauh lebih bagus kalau dari kapalnya sendiri ada informasi," ujar Trenggono.

Dia mengaku idenya itu sedang diupayakan menjadi sebuah regulasi dan sudah dibicarakan oleh pihaknya. Dengan terobosan itu dia menilai manfaat besar akan diterima para nelayan.

"Atau, ini belum ya, ini sedang saya pikirkan ya sama jajaran kementerian. Kami mau buat suatu terobosan bagus jadi suatu kebijakan dan harus berikan manfaat besar ke nelayan," kata Trenggono.

(dna/dna)