Sandiaga Uno Jadi Menparekraf, OK OCE Hidup Lagi?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 28 Des 2020 11:12 WIB
Sandiaga Uno menggunakan hak pilihnya di TPS 01 di Jalan Daha IV, Selong, Kebayoran Baru. Usai mencoblos, Sandiaga beserta istri dan anaknya kompak mencelup 3 jari ke tinta.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Masih ingat dengan One Center of Entrepreneurship (OK OCE)?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai penggagas berencana membicarakan program tersebut bersama jajarannya di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Nanti kita lihat bersama dengan rekan-rekan di sini (Kemenparekraf)," kata Sandiaga di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Padahal itu merupakan program yang dirintisnya saat menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sandiaga mengaku telah mendapat laporan dari perkumpulan pergerakan program OK OCE, yang menyebut bahwa sebagian besar anggota binaannya bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami baru saja mendapat laporan dari teman-teman di perkumpulan gerakan OK OCE itu di data mereka yang mereka miliki itu hampir 70% bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," sebutnya.

Dengan fakta itu, Sandiaga menilai bisa menjadi potensi sebagai upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19. Namun dia mengaku tak ingin terburu-buru dan ingin mendiskusikan hal tersebut dengan jajaran internalnya di Kemenparekraf.

"Kita tidak ingin terburu-buru, kita akan diskusikan dengan jajaran," ucapnya.

Sandiaga menyadari pandemi COVID-19 ini merupakan suatu tantangan yang besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga memerlukan upaya konkret untuk mengembangkannya.

"Namun kita harus optimistis bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasti akan segera pulih dan bangkit kembali, seiring teratasinya pandemi ini," katanya.

Sebab, menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor strategis penyumbang devisa serta pembuka lapangan kerja paling cepat, dan besar.

"Amat penting dalam upaya pemulihan ekonomi kita," kata Sandiaga.

(eds/eds)