3 Rencana Rombak Habis-habisan Kawasan Puncak

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 29 Des 2020 20:30 WIB
Prediksi puncak arus mudik pada H-3 sepertinya terbukti. Hari ini, Jumat (25/7/2014), kepadatan lalu lintas terjadi di Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah sudah menyiapkan berbagai rencana untuk merombak habis-habisan kawasan Puncak, Bogor agar tak lagi macet. Jalur keluar masuk kawasan ini memang sejak lama kerap macet terutama saat akhir pekan atau libur dan cuti nasional seperti sekarang ini.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama dengan pemda setempat mengaku telah menyiapkan beberapa solusi untuk permasalahan tersebut.

"Skenario penanganan kemacetan puncak memang tidak hanya dari sektor transportasi, kami dari Kemenhub akan coba cari solusi dari aspek transportasi yang dibagi jangka pendek menengah dan panjang," ujar Kepala BPTJ, Polana B Pramesti dalam sebuah Webinar, Selasa (29/12/2020).

Berikut 3 rencana perombakan kawasan Puncak:

1. Jangka Pendek

Untuk jangka pendek, pihak BPTJ akan menerapkan sistem layanan buy the services (BTS) hingga layanan bus bersubsidi. Selain itu, sejumlah fasilitas pendukung, seperti halte, Park&Ride, dan jembatan penyeberangan orang, akan dibangun di kawasan tersebut.

"Jangka pendeknya yang akan dilakukan segera adalah menyediakan subsidi buy the service, tentunya dengan adanya layanan bus ke wilayah puncak, maka butuh fasilitas pendukung, misal halte, park and ride, atau jembatan penyeberangan untuk orang berpindah dari arah satu ke arah yang lain, dan tentu meningkatkan kinerja lalu lintas," paparnya.

Park&Ride yang dimaksud adalah seperti lahan parkir. Mekanisme penggunanya adalah setiap pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta akan berhenti di Park & Ride Cibinon (sebagian lahannya dari Summerecon). Di sana, penumpang akan berpindah ke bus angkutan massal menuju tujuan kawasan di Puncak (Taman Safari, Matahari atau Cimori, Hotel, dll).

Lalu, untuk kendaraan dari Cianjur akan berhenti di Park&Ride Cisarua. Di sana, penumpang akan berpindah ke bus angkutan massal menuju tujuan kawasan di Puncak dan Ciawi (Taman Safari, Matahari atau Cimori, Hotel, dll). Untuk tarif berpindah kendaraan ini rencananya akan disubsidi oleh Pemkab. Bogor.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2