Terungkap! Pesan Penting Luhut buat Sandiaga Uno cs

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 31 Des 2020 16:20 WIB
Sandiaga Uno dan Luhut Binsar Pandjaitan (Dok. Istimewa).
Foto: Sandiaga Uno dan Luhut Binsar Pandjaitan (Dok. Istimewa).
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pesan penting kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Pesan Luhut kepada ketiga menteri yang berada di bawah koordinasinya ini ditulis dalam sebuah postingan akun Instagram akun @luhut.pandjaitan.

Dalam postingannya itu, Luhut mengatakan Indonesia merupakan negara maritim lantaran dianugerahi oleh Tuhan sebagai pusat keanekaragaman hayati laut dunia. Indonesia menjadi jantung segitiga terumbu karang atau coral triangle region dengan lebih dari 569 jenis karang dan menjadi bagian yang paling luas dari sebuah wilayah yang berisi sekitar 76% spesies karang dunia dan 37% spesies ikan terumbu karang dunia.

"Tak hanya itu, keanekaragaman hayati laut Indonesia juga mengundang kekaguman para wisatawan lokal maupun mancanegara yang memang secara khusus datang ke Indonesia untuk melakukan aktivitas 'diving'. Para 'diver' ini datang dari seluruh dunia berkunjung ke Indonesia untuk bisa melihat langsung kekayaan bawah laut Indonesia. Dua diantara lokasi menyelam terbaik di Indonesia ada di Komodo, NTT dan di Raja Ampat, Papua," tulis Luhut di akun Instagramnya yang dikutip detikcom, Kamis (31/12/2020).

Menurut Luhut, keunggulan ekosistem laut Indonesia ini harus dijaga dan dikelola dengan baik serta berkelanjutan. Sebab, dikatakan dia, laut adalah aset terbesar dan paling berharga yang dimiliki Indonesia.

Oleh karena itu, dirinya mengajak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kelautan dan Pariwisata Wahyu Sakti Trenggono, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya untuk mengintegrasikan seluruh tenaga dan sumber daya melalui kolaborasi lintas kementerian/lembaga (K/L) untuk mewujudkan kelestarian keanekaragaman hayati laut Indonesia.

"Saya mengajak Menteri KLHK Ibu @siti.nurbayabakar, dan secara khusus pula mengajak dua anggota tim baru saya yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pak @sandiuno dan Menteri KKP Pak @swtrenggono untuk bekerja bersama-sama mengelola kekayaan alam ini secara berkelanjutan dengan kehidupan penduduk pesisir sebagai fokusnya. Kita harus dukung mereka melindungi kekayaan alam di halaman depan mereka demi kesejahteraan masyarakat pesisir yang bersentuhan langsung dengan laut Indonesia," tulis Luhut.

"Saya berharap kita bisa bersama-sama mengawal program Pemulihan Ekonomi Nasional Padat Karya Restorasi Terumbu Karang di Bali dan program Rehabilitasi Mangrove 2021-2024 untuk memastikan implementasinya dilapangan secara transparan, akuntabel dan efektif demi terwujudnya konservasi dan rehabilitasi ekosistem laut Indonesia sehingga kelak anak cucu kita bisa menikmati lestarinya keanekaragaman hayati laut Nusantara yang kaya ini," lanjut Luhut.

(hek/hns)