Dilarang Masuk RI, 13 WNA Datang Pakai KITAS

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 01 Jan 2021 20:00 WIB
Mulai 1-14 Januari 2021, warga negara asing (WNA) dilarang masuk Indonesia. Begini kondisi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (1/1/2021).
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Larangan warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia mulai berlaku hari ini. Berdasarkan laporan operator Bandara Soekarno Hatta, hingga siang tadi tercatat ada 13 WNA yang bisa masuk dengan pengecualian, karena memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Soekarno-Hatta Romi Yudianto memastikan, WNA yang diperbolehkan masuk karena pengecualian sudah menyesuaikan ketentuan dalam Surat Edaran 04/2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi COVID-19 yang diterbitkan Satgas Penanganan COVID-19.

"WNA bisa masuk ke Indonesia jika memenuhi kriteria pengecualian. Jika tidak, maka tidak diperbolehkan masuk," ujar Romi Yudianto dalam keterangan resmi PT Angkasa Pura II (Persero), Jumat (1/1/2021).

Secara keseluruhan, AP II memastikan bahwa stakeholder bandara sudah memahami dan mengetahui kebijakan sebagaimana tercantum di dalam SE 04/2020. Hal itu juga dinyatakan oleh Ketua Satgas Udara Penanganan COVID-19 Kolonel Pas M.A Silaban.

"Pada hari pertama, penerapan peraturan berjalan lancar di Bandara Soekarno-Hatta. Satgas Udara Penanganan COVID-19 akan terus mengawal pemberlakuan SE 04/2020. Sejauh ini kami melihat stakeholder bandara sudah memahami peraturan ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Kolonel Pas M.A Silaban mengatakan, apabila ada WNA (warga negara asing) yang mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada periode penutupan, yakni 1-14 Januari 2020, maka yang bersangkutan harus kembali terbang ke negara asal keberangkatan.

"Kami memohon pengertian bagi WNA yang tidak masuk dalam pengecualian dan mendarat saat periode penutupan maka yang bersangkutan harus terbang kembali ke negara asal keberangkatan," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2