Mukesh Ambani Bukan Lagi Orang Terkaya di Asia, Siapa Penggantinya?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 02 Jan 2021 12:30 WIB
Mukesh Ambani, India
Foto: Reuters
Jakarta -

Zhong Shanshan, miliarder asal China kini menduduki posisi orang terkaya di Asia. Zhong Shanshan menggeser nama Mukesh Ambani, pria asal India yang sebelumnya berada di posisi tersebut.

Kekayaan bersih Zhong melonjak US$ 70,9 miliar tahun ini menjadi US$ 77,8 miliar, menjadikannya orang terkaya ke-11 di planet bumi. Peningkatan jumlah harta kekayaannya menjadi salah satu yang tercepat di dalam sejarah.

Zhong yang punya julukan 'Serigala Sendiri' itu tercatat memiliki beberapa bidang bisnis, seperti media, pertanian, hingga kesehatan. Selain itu, Zhong juga diketahui tidak terlibat politik praktis China.

Faktor-faktor yang dinilai menjadi kunci keberhasilannya tahun ini adalah Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise dan Nongfu Spring yang dipimpinnya. Pada bulan April lalu, Zhong meluncurkan perusahaan farmasinya ke publik. Beberapa bulan kemudian, Nongfu Spring yang memproduksi air kemasan juga menyusul.

Karena keputusan tersebut, saham Nongfu telah melonjak 155% sejak debut mereka, dan Wantai naik lebih dari 2.000% setelah menjadi salah satu perusahaan pengembang vaksin COVID-19.

Di sisi lain, harta kekayaan Mukesh Ambani sebenarnya juga mengalami peningkatan. Harta kekayaan Mukesh tercatat melonjak US$ 18,3 miliar menjadi US$ 76,9 miliar.

Sementara Jack Ma yang menjadi orang terkaya sebelum Mukesh Ambani, tahun ini cukup kesulitan karena bisnis digital China mengalami cukup banyak hambatan. Kekayaannya kini mencapai US$ 51,2 miliar, turun dari level tertinggi US$ 61,7 miliar di bulan Oktober.

(fdl/fdl)