Simak! Deretan Bisnis yang Bakal Moncer Tahun Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 03 Jan 2021 16:14 WIB
Zodiac - year of the Ox
Foto: Getty Images/iStockphoto/Hana-Photo
Jakarta -

Setelah melawati masa-masa jatuh bangun pada 2020, sekarang saatnya menyambut harapan baru pada 2021 ini. Nggak ada salahnya melihat peruntungan menurut kalender China, di mana tahun ini merupakan tahun kerbau logam.

Di tahun kerbau logam ini, bisnis yang berhubungan dengan elemen tanah dinilai moncer di 2021. Seperti misalnya pertambangan, pertanian, perkebunan, dan properti.

"Yang bagus (2021) seperti unsur tanah, properti, hasil bumi, pertanian, pertambangan, kelapa sawit, tumbuh-tumbuhan, perkebunan, itu bagus," kata Pakar Feng Shui Suhu Yo kepada detikcom, Minggu (3/1/2021).

Menurutnya, hasil tambang akan tumbuh pesat. Hal itu seiring dengan rencana pembangunan baterai kendaraan listrik dari bahan baku nikel di Indonesia.

"Nggak usah jauh-jauh Indonesia kan akan membangun pabrik baterai, itu akan naik. Lalu usaha baterai akan meningkat, ada peluang baru usaha baterai. Karena motor dan mobil akan menggunakan baterai semua," jelas Suhu Yo.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menambahkan sektor bisnis yang terdampak pandemi di 2020 diperkirakan akan menggeliat di tahun 2021 ini. Seperti bisnis pariwisata, hingga salon kecantikan.

"Contohnya bisnis pariwisata meliputi penginapan, jasa transportasi (sewa mobil atau motor), guide perjalanan, lalu juga bisnis seperti salon atau klinik perawatan tubuh dimana orang-orang mulai berani datang ke salon atau klinik," ucapnya.

Selain itu, bisnis kuliner yang menyajikan makan di tempat disebut masih menjanjikan di 2021 karena orang sudah terlalu bosan di rumah. Bisnis yang hits di tengah pandemi seperti masker kekinian dan makanan sehat juga dinilai masih akan cuan.

"Lalu ada juga produk-produk fashion seperti home dress kekinian karena orang ingin tetap di rumah namun tampil trendy, kemudian yang berhubungan dengan hobi seperti produk sepeda dan aksesorisnya, produk tanaman hias dan kelengkapannya seperti pot, tanah, dan pupuk," kata Andy menambahkan.

(dna/dna)