Jangan Salah Pilih! Ini Investasi yang Menjanjikan di Tahun Kerbau Logam

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 03 Jan 2021 17:21 WIB
Ilustrasi investor saham
Foto: Ilustrasi: Luthfi Syahban
Jakarta -

Memilih instrumen investasi harus dipertimbangkan dengan matang. Salah satu yang bisa jadi pertimbangan yakni mengikuti pedoman kepercayaan sebagian warga Tionghoa, yakni Fengshui.

Pakar Fengshui Suhu Yo mengatakan salah satu investasi yang mujur tahun ini adalah saham. Namun dalam berinvestasi itu harus jeli karena permasalahan ekonomi akibat COVID-19 masih membuat situasi belum pasti.

"(Investasi) saham itu bagus," tutur Suhu Yo kepada detikcom, Minggu (3/1/2021).

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menambahkan bahwa investasi yang mujur selanjutnya adalah obligasi atau sukuk ritel. Selain itu, reksa dana pasar uang dan emas juga disebut masih akan jadi primadona selama pandemi belum usai.

"Untuk tahun 2021 investasi yang diprediksi masih memberikan presentase imbal hasil yang menguntungkan adalah yang memiliki profil risiko konservatif-moderat karena bisa dikatakan kondisi yang masih belum dapat dipastikan. Produk-produk yang bertipikal seperti itu adalah obligasi atau sukuk ritel," ucapnya.

"Reksa dana pasar saham dan campuran sudah mulai menggeliat, namun risikonya masih tinggi dengan situasi saat ini. Sementara logam mulia yang harganya belakangan turun, dapat menjadi primadona lagi seandainya kondisi pandemi ternyata masih belum terkontrol," tambahnya.

Andy menyebut harga properti yang turun di tengah pandemi juga bisa jadi peluang untuk mulai berinvestasi di sektor tersebut. Properti itu dikatakannya bisa dikontrakan untuk orang yang membutuhkan.

"Untuk jangka pendek sektor properti akan berpotensi pada harga properti di bawah Rp 500 juta atau untuk pasar orang-orang yang mencari rumah pertamanya ataupun untuk disewakan," imbuhnya.

(dna/dna)