Modal Tiru Tokoh Film atau Komik Bisa Dapat Duit Miliaran per Tahun

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 04 Jan 2021 07:30 WIB
Penghasilan yang menjanjikan sebagai cosplayer cukup menarik untuk digeluti. Namun, agar pengeluaran tak lebih besar dari pemasukan, yuk simak cara atur duitnya
Foto: Istimewa/Dok. Lola Zieta

Lola Zieta mengatakan bergayalah sesuai isi kantong. Jadi, tidak memaksakan untuk memenuhi gaya hidup yang tinggi jika uangnya tidak memadai.

"You can spend as much yang penting kamu juga make more money. Jadi boleh yang namanya spend a lot of money, tapi disesuaikan juga sama pemasukan. Ketika situasi seseorang itu pas-pasan, sebaiknya jangan terlalu ikut-ikutan lifestyle, high spender gitu," ucapnya.

Wanita yang hobi gambar dan main game itu mengaku bukan tipe orang yang boros ketika tidak punya uang. Dia menceritakan bagaimana memulai semuanya dari nol untuk bisa sampai sekarang, dari yang tidak punya apa-apa sampai bisa memiliki apapun dari jadi cosplayer untuk memenuhi kebutuhannya.

"Jujur aja ketika aku tidak punya banyak uang aku akan menyesuaikan pengeluaranku, tapi ketika aku sudah merasakannya, aku beli kayak VW (Volkswagen) Combi, kemudian aku beli PC. Dulu-dulu sih banyaknya di cosplay doang, tapi sekarang aku kayak beli macam-macam sih," ucapnya.

Seorang Lola Zieta menyebut selalu menyisihkan uang dari penghasilannya yang datang sebagai cosplayer untuk ditabung. Meskipun, saat ini dia belum berani untuk investasi dan masih memilih instrumen apa yang paling cocok untuknya.

"Aku selalu nabung. Kalau untuk investasi jujur aja belum, jadi masih mau cari duit, ditabung, terus belanjain, standar. Tapi tahun depan rencana sih mau investasi. (Instrumennya apa belum tahu) masih aku pelajarin dulu satu-satu, yang pasti yang cocok sama aku," jelasnya.

Cosplayer lainnya sebagai Naruto, Jusuf Hamas Ramadhan (25) menambahkan agar hasil dari menang lomba langsung ditabung. Dia mengaku uang yang didapat selalu disisihkan untuk diinvestasikan membeli emas, jika ada sisa barulah uang tersebut digunakan untuk keperluannya.

"Bila sudah mendapat hadiah cosplay itu tidak saya langsung habiskan, tetapi saya investasikan dulu untuk membeli emas dan sisanya baru dipakai untuk kebutuhan sehar-hari," tandasnya.


(zlf/zlf)