Bos Supermarket Ini Ungkap Rasanya Kerja Bareng Orang Terkaya Dunia

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 04 Jan 2021 13:06 WIB
Jeff Bezos
Foto: Associated Press
Jakarta -

Supermarket Whole Foods di Austin, Texas, Amerika Serikat telah berdiri sejak 1978. John Mackey yang menjadi CEO supermarket tersebut sejak berdiri hingga sekarang mengungkapkan pengalamannya bekerja bersama Jeff Bezos.

Whole Foods sempat dibeli Amazon pada tahun 2017. Setelah hampir empat dekade menjadi bos besar Whole Foods, Mackey mengatakan dia sering ditanya bagaimana rasanya bekerja menjadi bawahan pemilik Amazon, Jeff Bezos.

Mackey mengatakan sejauh ini banyak orang yang memiliki stereotip yang salah saat melihat seorang Jeff Bezos. Dia dianggap bagaikan tuhan sebagai seorang CEO perusahaan besar.

"Orang-orang memiliki stereotip yang salah bahwa CEO itu seperti tuhan atau semacamnya. Dia belum sebesar yang Anda pikirkan," kata Mackey dikutip dari CNBC, Senin (4/1/2021).

Selain itu, Mackey mengatakan Bezos memang telah mencoba menjadi pemimpin yang ingin mencapai tujuan perusahaan dengan usaha yang lebih besar dari para pemangku kepentingannya.

Di sisi lain, bagi para karyawan Whole Foods, kondisi perusahaan menjadi lebih buruk sejak akuisisi Amazon, seperti yang dilaporkan oleh situs web industri makanan Eater. Tunjangan asuransi kesehatan untuk karyawan paruh waktu dipotong.

Seorang juru bicara Whole Foods mengatakan hal itu hanya mempengaruhi sebagian kecil dari total tenaga kerja. Sebab langkah tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan lebih baik dan menciptakan mode penjadwalan yang lebih adil dan efisien.

Namun, dari tingkat eksekutif, transisi akuisisinya lebih berjalan dengan baik. Mackey mengatakan hal itu terjadi karena sebagian Whole Foods sebelumnya sudah pernah diakuisisi perusahaan lain.

"Sebagian besar Anda mencari perusahaan yang diakuisisi untuk bersemangat menjadi bagian dari perusahaan yang lebih besar. Kemudian mencari tahu apa yang diinginkan oleh perusahaan yang mengakuisisi dan kemudian cobalah untuk memastikan bahwa Anda membantu memberikannya kepada mereka," kata Mackey.

(das/das)