Orang Kaya Berlomba-lomba Sumbang Harta, Jeff Bezos Juaranya

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 05 Jan 2021 10:17 WIB
SUN VALLEY, ID - JULY 13: Jeff Bezos, chief executive officer of Amazon, arrives for the third day of the annual Allen & Company Sun Valley Conference, July 13, 2017 in Sun Valley, Idaho. Every July, some of the worlds most wealthy and powerful businesspeople from the media, finance, technology and political spheres converge at the Sun Valley Resort for the exclusive weeklong conference. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta -

Orang terkaya di dunia berlomba-lomba menyumbangkan harta kekayaannya. The Chronicle of Philanthropy pun merilis daftar sumbangan terbesar tahunan. Siapa di urutan pertama?

Melansir VOA, Selasa (5/1/2021), Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos berada di urutan pertama dengan menyumbang US$ 10 miliar untuk membantu memerangi perubahan iklim. Sumbangan tersebut dia berikan melalui Bezos Earth Fund miliknya. Menurut Chronicle sejauh ini Bezos telah mengucurkan US$ 790 juta kepada 16 organisasi yang terlibat dalam krisis iklim.

Pada urutan kedua ada Phil Knight dan istrinya, Penny. Salah satu pendiri Nike itu dan istrinya memberikan lebih dari US$ 900 juta kepada Knight Foundation dan US$ 300 juta kepada University of Oregon.

Pendiri perusahaan konstruksi HBE Corporation Fred Kummer dan istrinya di urutan ketiga. Dia memberikan US$ 300 juta untuk mendirikan yayasan yang mendukung program-program di Universitas Sains dan Teknologi Missouri.

Selanjutnya di urutan keempat ada Pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan mengirimkan donasi US$ 250 juta kepada Center for Tech and Civic Life yang menangani masalah keamanan pemungutan suara dalam pemilu 2020.

Di tempat kelima adalah Arthur Blank, salah satu pendiri Home Depot yang memberikan US$ 200 juta melalui yayasannya kepada Children's Healthcare of Atlanta untuk membangun rumah sakit baru.

Dua miliarder yang menyumbang banyak hartanya untuk amal tahun lalu seperti mantan istri Bezos yaitu MacKenzie Scott dan salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey tidak masuk dalam daftar Chronicle. Itu karena tidak ada satu pun donasi dari mereka yang cukup besar untuk memenuhi syarat.



Simak Video "Untuk Kesekian Kalinya, Jeff Bezos Jual Saham Amazon"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/das)