Apple Rombak Skema Bonus buat Para Bos

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 06 Jan 2021 10:25 WIB
NEW YORK, NY - AUGUST 02:  The Apple logo is displayed in an Apple store in lower Manhattan on August 2, 2018 in New York City. On Thursday the technology company and iPhone maker became the first American public company to cross $1 trillion in value. Apple stock is up more than 20% this year.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Foto: Spencer Platt/Getty Images
Jakarta -

Perusahaan teknologi, Apple merombak syarat bonus gaji untuk para petingginya di 2021. Perusahaan mengumumkan ada sejumlah syarat baru yang mencakup nilai sosial dan lingkungan perusahaan.

Perusahaan menjelaskan ada 6 nilai yang menentukan bonus. Keenam hal itu meliputi praktik nilai lingkungan, penggunaan bahan daur ulang dalam produk, keragaman, kesetaraan tenaga kerjanya, meningkatkan privasi dan keamanan perangkat Apple.

"Mulai tahun 2021, pengubah lingkungan, sosial, dan tata kelola berdasarkan Nilai Apple dan inisiatif komunitas utama lainnya akan dimasukkan ke dalam program insentif tunai tahunan kami," kata perusahaan, dikutip dari Reuters, Rabu (6/1/2021).

Apple menegaskan, meski ada perombakan, persyaratan dalam minimum kinerja, target, dan maksimum bonus gaji tidak berubah.

Namun, komite kompensasi Apple dan dewan direksi berencana diadakannya evaluasi kinerja untuk eksekutif. Nantinya jika eksekutif tercatat memberikan kemajuan bagi Apple dan berkontribusi dalam mencapai misi perusahaan, bonus akan dinaikan sebesar 10% dan akan dikurangi 10% jika diketahui memiliki kinerja buruk.

Tetapi, perusahaan tidak merinci bagaimana komite akan mengevaluasi para eksekutif berdasarkan nilai-nilai dan syarat yang telah ditetapkan.

Misi baru Apple yang baru-baru ini dipublikasi yakni menghapus emisi karbon pada 2030 untuk semua produk Apple. Rencana itu diumumkan pada Juni 2020, saat itu perusahaan mengatakan ingin mengurangi emisi sebanyak 75%.

(zlf/zlf)