China Sebar Angpau Uang Digital Rp 42 M buat Rakyat

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 07 Jan 2021 17:26 WIB
Uang Digital China
Foto: Dok. South China Morning Post
Jakarta -

Kota Shenzhen sedang mengadakan uji coba yuan digital. Uji coba itu dilakukan dengan membagikan angpau dalam 100.000 amplop merah yang totalnya mencapai 20 juta yuan digital atau sekitar Rp 42 miliar kepada warga kota yang beruntung.

Pembagian angpau itu dilakukan dengan mekanisme lotre, yakni diundi. Dilansir dari Coindesk, Kamis (7/1/2021), warga Kota Shenzhen harus mendaftarkan diri di platform i-Shenzhen untuk memenangkan angpau tersebut.

Nantinya, 100.000 warga kota yang beruntung akan mendapatkan angpau dalam bentuk uang digital senilai masing-masing 200 yuan digital atau lebih dari Rp 420.000.

Bagi warga kota yang menang angpao yuan digital harus membelanjakan uang tersebut mulai hari ini, 7 Januari sampai 17 Januari 2021. Angpau dalam amplop merah itu hanya bisa dibelanjakan ke 10.000 pedagang dalam bentuk barang.

Amplop merah adalah tradisi China untuk memberikan uang pada hari libur atau acara khusus seperti pernikahan.

Terkait uji coba yuan digital, China memang sedang berupaya mempercepat perkembangannya. Bahkan, bank sentral Negeri Bambu tersebut yakni People's Bank of China (PBOC) telah bekerja sama dengan bank dan entitas komersial dalam program percontohan publik untuk mengukur pengalaman bertransaksi dengan yuan digital.

Pada Oktober 2020 lalu, Kota Shenzhen juga sudah pernah membagikan angpau dengan sistem lotre senilai 10 juta yuan digital atau sekitar Rp 21 miliar kepada warga kota yang beruntung.

Kota Suzhou pada bulan Desember lalu juga mengadakan uji coba yuan digital berbasis lotre. Penduduk Suzhou yang memenangkan lotre itu bisa membelanjakan yuan digital secara online dan menguji fitur pembayaran offline dari mata uang digital.

(das/das)