Masih Ada Peserta Belum Dapat BSU, Bagaimana Nasibnya?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 07:00 WIB
Bantuan langsung tunai (BLT) akan diberikan kepada pegawai dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Seperti apa rinciannya?
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Masih ada peserta yang belum menerima bantuan subsidi upah/gaji (BSU). Program yang dilaksanakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) ini tadinya ditargetkan rampung akhir Desember 2020.

Menurut keterangan Direktur Kelembagaan Kerja Sama Hubungan Industrial (KKHI) Kemnaker, Aswansyah hingga 31 Desember yang sudah terealisasi 98% dari total 12,4 juta penerima.

"(Progres penyalurannya) kalau per 31 Desember itu 98%," kata Aswansyah saat dihubungi detikcom, kemarin Kamis (7/1/2021).

Dia menjelaskan peserta yang belum disalurkan BSU karena rekeningnya bermasalah. Permasalahannya yakni rekening dengan masalah duplikasi, rekening yang sudah ditutup, rekening pasif, rekening tidak valid, rekening dibekukan, rekening tidak sesuai dengan NIK, dan rekening tidak terdaftar di kliring.

"Jadinya keterlambatan itu disebabkan (oleh masalah) itu. Jadi, BPJS Ketenagakerjaan memperbaiki datanya jadi tidak optimal gitu," sebutnya.

Mengingat sekarang sudah berganti tahun, bagaimana nasib peserta yang belum juga mendapatkan BSU tahun lalu? Aswansyah menjelaskan hal itu masih dibahas dengan Kementerian Keuangan.

"Kebijakan itu kita masih berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan," tambahnya.

Apakah program subsidi gaji atau BSU dilanjutkan di tahun ini? Baca bocorannya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2