Yuk Kirim Foto WC di Tempat Wisata! Biar Diperbaiki Menparekraf Sandiaga

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 17:40 WIB
wc umum lokasi ledakan
Foto: Yuni Ayu Amida/detikcom
Jakarta -

Toilet atau WC umum di tempat wisata memiliki peran penting untuk menentukan kepuasan wisatawan. Sebagus dan seindah apapun tempatnya, jika WC-nya jorok bisa-bisa wisatawan bakal kapok untuk kembali.

Hal itu sepertinya disadari oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sehingga menugaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk memperbaiki sarana WC umum di tempat wisata, khususnya 5 destinasi wisata prioritas.

Kelima destinasi tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Salah satu yang diminta Luhut ke Sandiaga adalah memperbaiki toilet atau wc di tempat-tempat wisata. Tujuannya wisatawan kapok berkunjung cuma karena kualitas toilet yang buruk.

"Saya minta peningkatan kualitas destinasi pariwisata di 5 destinasi super prioritas, yaitu Menparekraf (Sandiaga) agar meningkatkan alokasi anggaran ke 5 destinasi tersebut," ujar Luhut dalam potongan video rapat koordinasi yang diunggah Kemenkomarves, dikutip Jumat (8/1/2021).

"Soal-soal kecil, seperti WC itu juga perlu diperbaiki. Jadi orang datang ke spot itu nggak kapok," tegasnya.

Eks Menparekraf Wishnutama Kusubandio pernah mengungkap permasalahan pariwisata di Indonesia. Menurutnya, masalah kebersihan pariwisata di Indonesia yaitu soal kebersihan toilet yang sangat memprihatinkan.

"Dasar-dasar pariwisata tidak selalu infrastruktur. Tetapi kebersihan, seperti toilet bersih. Gimana kita wisatawan (asing) betah, orang kita saja nggak betah," katanya saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI dalam teleconference kala itu.

Bagaimana detikers? kamu punya pengalaman menemukan WC yang tidak layak di tempat wisata? Coba bagikan foto tersebut ke pasangmata detikcom. Jangan lupa sertakan cerita pengalamanmu dan lokasi WC umum tersebut.

(toy/dna)