Kapan Pelabuhan Patimban Layani Bongkar Muat Kontainer?

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 10 Jan 2021 17:02 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat mulai beroperasi sejak 20 Desember 2020. Operasional pertama masih sebatas terminal kendaraan alias car terminal untuk ekspor-impor kendaraan.

Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pelabuhan ini bisa melayani bongkar muat kontainer selambat-lambatnya mulai Februari.

"Kami sedang mengusahakan supaya nanti ada crane (alat bongkar muat) dan sebagainya. Saya berharap bahwa perlahan-lahan, Insyaallah mungkin pada bulan ini atau akhir bulan ini atau awal bulan depan sudah ada kargo di situ lah, selain kargo untuk mobil (yang sudah beroperasi) ini," kata kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo ditemui di Pelabuhan Patimban, Minggu (10/1/2021).

Sebenarnya, lanjut dia, dermaga kontainer paling cepat baru siap pertengahan tahun ini yakni sebelum Juni. Tapi pihaknya akan mengupayakan agar dermaga kontainer bisa segera bergerak.

"Saya juga sudah minta kepada kawan-kawan Pelindo III, itu dermaga sudah siap 150 meter yang untuk kontainer, dan mungkin nanti portable crane yang harus disiapkan mungkin supaya ini mulai jalan," paparnya.

Atas masukan dari Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Agus mengatakan Pelabuhan Patimban bisa dioptimalkan dengan melayani kargo.

"Tadi kawan-kawan Aptrindo mengatakan kalau banyak kargo yang dari Jawa ini untuk luar Jawa yang bisa dioptimalkan di Pelabuhan Patimban," tambahnya.

(toy/dna)