Ekspor Pertanian Tertinggi dari Sawit, Jokowi: Hati-hati

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 11 Jan 2021 15:44 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Kinerja sektor pertanian mendapat sorotan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menilai, kinerja sektor ini mencatat pertumbuhan yang baik terutama dari sisi ekspor.

Namun, Jokowi memberi peringatan. Ekspor itu ditopang oleh sawit.

Jokowi pun mengingatkan agar berhati-hati. Sebab, ekspor tersebut tidak ditopang oleh komoditas lain terutama dari komoditas yang mendapat subsidi dari pemerintah.

"Saya sangat menghargai ini ada sebuah pertumbuhan yang baik di sektor pertanian, terutama ekspornya tapi juga ingat ekspor keliatan tinggi itu berasal dari yang banyak, berasal dari sawit, betul Pak Menko? Hati-hati, bukan dari tadi," kata Jokowi pada acaraPeresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian 2021, Senin (11/1/2021).

"Bukan dari komoditas-komoditas lain yang sudah kita suntik dengan subsidi-subsidi yang ada," tambahnya.

Pada acara tersebut, Jokowi meminta agar jajarannya betul-betul melaksanakan arahannya. Salah satunya, mengembangkan produksi dalam skala yang luas sehingga bisa bersaing.

Jokowi ingin lumbung pangan atau food estate yang dikembangkan di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah rampung tahun ini. Jadi, bisa menjadi acuan bagi provinsi lain.

"Saya minta betul-betul di lapangannya diikuti, sehingga nantinya apabila di dua provinsi ini lumbung pangan yang kita bangun, food estate yang kita bangun betul, bener, provinsi lain akan kita dorong. Kita berikan dana dari APBN tetapi betul-betul ada return ekonomi diberikan kepada negara," ungkap Jokowi.

(acd/eds)