Mau Ikan Cupang Kamu Laku Keras hingga Luar Negeri, Begini Jurusnya

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 13 Jan 2021 07:30 WIB
Bazar ikan cupang digelar di kawasan Pasar Gembrong Baru, Jakarta, Jumat (30/10/2020). Bazar diikuti 64 peserta dan komunitas cupang di Jabodetabek.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Tidak ada yang menyangka ikan hias cupang yang diternak di Indonesia bisa dijual ke luar negeri. Untuk mencapai ke sana ada beberapa jurus yang harus dilakukan. Hal itu diungkapkan penghobi sekaligus pebisnis ikan hias cupang, Mirza Ghulam Ahmad dalam acara d'Mentor detikcom, Rabu (13/1/2021).

Mirza merupakan satu-satunya penjual cupang yang memiliki 3 cabang di negara lain, yaitu di New Jersey, Amerika Serikat, kemudian Serawak, Malaysia dan di Brunei Darussalam.

Dia menceritakan, jurus yang pertama dilakukan adalah mempelajari cara berbisnis.

"Kenapa saya bisa jual cupang ke luar negeri. Waktu itu ada satu orang yang saya pernah datang ke tempat dia, peternakannya besar, tapi dia tidak pernah jualan, dia selalu beli, saya punya feeling pasti orang jualnya tidak di Indonesia ternyata benar jualnya ke Inggris," kata dia.

"Saya cari tahu Facebooknya, dan dulu orang itu sangat hati-hati membuka informasi, pelit ilmu, nggak dapat pelajaran tapi saya pelajari dan saya coba posting di sana dan mulai ada pembeli dari 1 sampai banyak yang menjadi langganan King Rosetail," tambahnya.

Jurus selanjutnya, dikatakan Mirza adalah bekerja sama dengan perusahaan ekspor. Menurut dia, seorang pelaku usaha ikan cupang yang tidak memiliki kegiatan ekspor dan impor sangat sulit menjual dagangannya ke luar negeri.

"Sekarang banyak teman dari PT ekspor, MoU agar mereka bisa mendapatkan ikan dari sini untuk dikirim ke luar negeri. Kalau pribadi pasti tidak bisa, kalau PT yang kirim itu sangat mudah," katanya.

(hek/zlf)