Airbnb Tak Mau Terima Pesanan Dari Perusuh Capitol

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 13 Jan 2021 16:36 WIB
Penyerbuan Gedung Capitol: Mengapa sistem keamanan gagal mencegah para perusuh pendukung Presiden Trump?
Foto: BBC World
Jakarta -

Airbnb tak mau menerima pesanan dari mereka yang ikut serta dalam kerusuhan di Capitol, Washington D.C, Amerika Serikat (AS) pekan lalu.

Dikutip dari Antara disebutkan Airbnb tak mau mengizinkan pesanan dari pengguna yang terkonfirmasi sebagai pelaku kerusuhan menjelang pelantikan Presiden terpilih Joe Biden.

Airbnb menyebutkan pihaknya mempelajari dari media dan pihak kepolisian terkait nama-nama yang terkonfirmasi terlibat dalam kerusuhan. "Kami mempelajari dari media atau penegak hukum nama yang terkonfirmasi bertanggung jawab atas aksi kekerasan kriminal di Capitol pada 6 Januari, kami menyelidiki nama nama tersebut apakah memiliki akun di Airbnb," tulisnya, Rabu (13/1/2021).

Kemudian jika perusuh memiliki akun, maka Airbnb akan melarang mereka untuk menggunakan platform. Selain itu Airbnb juga mengetatkan pesanan yang masuk untuk area DC. Selanjutnya Airbnb akan membatalkan pesanan jika pengguna ketahuan berafiliasi dengan grup ujaran kebencian.

Selain Airbnb, platform lain juga bersikap tegas dengan aksi kerusuhan tersebut. Terutama menjelang inaugurasi.

Seperti platform urun dana GoFundMe juga menghapus penggalangan dana dari pendukung Presiden AS Donald Trump untuk mengumpulkan biaya perjalanan ke acara inaugurasi. Selain itu GoFundMe juga akan menghapus penggalangan dana untuk acara yang berkaitan dengan politik.

(kil/zlf)