Kejar Vaksinasi COVID-19, Perusahaan Farmasi Buka Ribuan Lowongan

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 14 Jan 2021 13:16 WIB
Penyuntikan vaksin Corona Sinovac telah dimulai di Indonesia. Seperti di Puskesmas Cilandak, petugas sudah memulai memberikan vaksin kepada warga.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Perusahaan farmasi yang berpusat di Amerika Serikat (AS), CVS Health membuka ribuan lowongan pekerjaan untuk apoteker dan teknis farmasi. Hal ini dilakukan untuk menambah tenaga kerja saat penyuntikan Vaksin COVID-19 kepada warga AS.

Mengutip dari CNBC, Kamis (14/1/2021) dalam situs web CVS telah tercantum ada 11.300 lowongan untuk teknis farmasi dan 1.200 untuk apoteker yang akan ditempatkan di apotek seluruh AS. Lowongan yang dibuka untuk pekerja paruh waktu dan penuh waktu.

Proses penerimaan akan dilakukan di aplikasi Modern Hire, platform yang telah lama membantu CVS merekrut pekerja sejak 2006. Bahkan sejak awal pandemi platform itu telah membantu merekrut 60 ribu karyawan baru.

Kepala Petugas Sains Moden Hire, Mike Hudy mengatakan Modern Hire kali ini akan memproses 2.700 pelamar per harinya. Dia juga menjelaskan proses penerimaan, pelamar akan melalui tes.

Hudy mengungkap test akan dilakukan secara virtual. Pelamar akan diperintah untuk melakukan simulasi saat berinteraksi dengan pasien atau pelanggan dan bagaimana memberikan resep sesuai aturan. Melalui simulasi itu proses perekrutan lowongan akan berjalan lebih cepat.

Adapun syarat dan ketentuan untuk calon pekerja di CVS. Perusahaan mengharapkan karyawan bisa melayani pelanggan dengan penuh kasih, cepat, dan aman untuk melindungi privasi dan keamanan pasien. Pelamar minimal berusia 16 tahun, bisa berdiri dan berjalan dalam waktu yang lama dan dapat teliti mengerjakan laporan administratif.

Selain itu, pekerja diharapkan bisa berkomunikasi secara efektif, memiliki lisensi berdasarkan persyaratan negara bagian mereka dan memiliki ijazah sekolah menengah atas atau pendidikan setara lainnya.

Menurut Departemen Tenaga Kerja AS gaji yang didapat untuk teknis farmasi rata rata US$ 33.950 sementara untuk apoteker US$ 128.090. Namun untuk apoteker, jika ingin bekerja umumnya harus memperoleh gelar doktor farmasi dan harus memiliki izin aktif dari negara bagian.

CVS Health akan memberikan sekitar 40 ribu vaksin yang diberikan secara bertahap di seluruh AS. Doses pertama akan dibagikan sebanyak 8 ribu pada 25 Januari 2021 dan sisanya sekitar lebih dari 31 ribu vaksin akan dibagikan pada bulan-bulan berikutnya.

(fdl/fdl)