Heboh Raffi Ahmad Langgar Aturan, dari Endorse Saham Sampai Vaksin

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 14 Jan 2021 15:41 WIB
Raffi Ahmad
Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Nama Raffi Ahmad bikin heboh dunia maya. Artis kondang itu sedang menjadi sorotan publik karena sikapnya yang dianggap melanggar aturan.

Dirangkum detikcom, Kamis (14/1/2021), sikap Raffi Ahmad yang menjadi sorotan belum lama ini adalah mempromosikan saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) di media sosialnya pada 4 Januari 2021.

Kehebohan itu memancing Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku wasit pasar modal. BEI merespons dan mengaku akan memanggilnya bersama artis lainnya yang telah melakukan rekomendasi saham.

"Kita akan ajak diskusi para influencer ini untuk diskusi," kata dia kepada wartawan.

Di satu sisi, otoritas bursa menyambut positif Raffi Ahmad yang berbicara saham MCAS. Tapi ada beberapa hal yang menurutnya harus diperhatikan sebelum merekomendasikan saham.

"Perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para follower-nya dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan. Kita juga mengajak mereka ikut Sekolah Pasar Modal bagi yang belum pernah mengikuti," ucapnya.

Setelah dimention Raffi Ahmad bersama teman artisnya Ari Lasso saat itu, saham MCAS langsung melejit 8,33%. Namun dia membantah tuduhan jika dirinya di-endorse oleh MCAS untuk mempromosikan saham perusahaan tersebut.

"Gua tuh sebenarnya kemarin hanya sharing aja buat kalian. Tapi emang heboh sih, karena mungkin main saham itu lagi in banget guys. Tapi balik lagi ya kemarin kan gua cuma cerita pengalaman gua aja. Itu bukan endorse," kata Raffi lewat unggahan video di Instagramnya, @raffinagita1717.

Selanjutnya
Halaman
1 2