3 Fakta soal Sandiaga dan Toilet di Tempat Wisata

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 15 Jan 2021 08:10 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno/Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Membenahi toilet di tempat wisata nampaknya akan menjadi tugas utama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Tugas ini pun langsung diberikan ke Sandi oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Soal-soal kecil, seperti WC itu juga perlu diperbaiki. Jadi orang datang ke spot itu nggak kapok," kata Luhut dalam sebuah rapat dengan Sandiaga, dikutip Jumat (8/1/2021).

Sandiaga pun nampaknya langsung gerak cepat melakukan tugasnya. Begini 3 faktanya.

1. Revolusi Pariwisata Dimulai dari Kebersihan Toilet

Menurut Sandiaga revolusi mental dan pariwisata akan dimulai dari kebersihan toilet. Saat membahas soal toilet di depan Komisi X DPR RI, Sandiaga juga menyebut pepatah lama, kebersihan adalah sebagian dari iman.

Hal ini pun harus diterapkan pada toilet di seluruh tempat wisata di Indonesia. Menurutnya, setiap meninjau tempat wisata, toilet merupakan tempat yang tidak bisa diwakili kunjungannya. Maka Sandiaga pasti akan melakukan pengecekan ke toilet.

"Masalah toilet, kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Jadi revolusi kita, revolusi mental dan revolusi pariwisata kita, saya beranggapan bermulanya itu dari toilet," ujar Sandiaga dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Kamis (14/1/2021).

"Toilet itu, adalah dua tiga tempat yang harus kita kunjungi dan tidak bisa diwakili," tandasnya.

Menurutnya, masyarakat pun cukup antusias dalam memperbaiki kualitas toilet. Dia bercerita saat dirinya mengatakan mau membuat Satgas Toilet Nasional banyak pihak yang ingin bergabung. Bahkan istri dan ibunya pun ingin ikut serta juga.

Dari catatan detikcom, Sandiaga memang pernah mengatakan akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Toilet Nasional. Hal ini merupakan jawabannya atas permintaan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang ingin WC di tempat wisata dibenahi kualitasnya.

Sandiaga mengatakan, program Satgas Toilet Nasional ini akan dia kerjakan dalam setahun ke depan. Dalam pelaksanaannya ia akan melibatkan berbagai pihak, termasuk pentahelix pariwisata yaitu akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2