9 Jalan Tol di Jawa Tarifnya Naik 17 Januari, Ini Daftarnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 15 Jan 2021 20:30 WIB
Kendaraan melintasi tol dalam kota di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Mulai 1 Februari 2020, tarif Tol Dalam Kota akan mengalami kenaikan. Kenaikan tarif berlaku untuk kendaraan golongan I menjadi Rp 10.000.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan ada 9 ruas jalan tol di Pulau Jawa yang tarifnya akan naik. Penyesuaian tarif dilakukan per tanggal 17 Januari 2021.

Delapan ruas tol di antaranya mengalami penyesuaian tarif. Sementara itu, yang satunya lagi adalah pengintegrasian tarif Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated alias Tol Layang.

"Kita juga sudah sepakat yang 8 ruas + 1 ini kita akan melakukan penyesuaian tarif bersamaan di tanggal 17 Januari pukul 00 WIB, itu sudah kita sepakati," kata Kepala Umum BPJT Mahbullah Nurdin dalam konferensi pers virtual, kemarin Kamis (14/1/2021).

Dari 9 jalan tol yang tarifnya disesuaikan ini, 7 di antaranya dimiliki dan dioperasikan oleh PT Jasa Marga dan anak-anak usahanya. Sementara 2 sisanya merupakan bagian dari PT Waskita Karya.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, pada dasarnya, penyesuaian tarif yang dilakukan pihaknya merupakan penundaan karena Kepmen PUPR telah ditetapkan sejak tahun 2020.

"Namun, Jasa Marga belum melakukan penyesuaian tarif dengan pertimbangan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Saat ini, dengan harapan pada penanganan pandemi COVID-19 melalui program vaksin, Jasa Marga akan melakukan penyesuaian tarif yang sebenarnya di beberapa ruas tol sudah tertunda berbulan-bulan lamanya," ujar Heru dalam keterangannya.

Sementara itu, Direktur Utama Semesta Marga Raya, Supriyono mewakili anak usaha Waskita mengatakan kenaikan tarif ini dapat meningkatkan kualitas dan fasilitas pelayanan.

"Kenaikan tarif ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan fasilitas pelayanan," kata Supriyono dalam keterangannya.

Berikut ini deretan jalan tol yang akan naik tarifnya per tanggal 17 Januari 2021:
1. Ruas Tol JORR I, Akses Tanjung Priok (ATP), dan Segmen Bintaro Viaduct-Pondok Ranji
2. Tol Cipularang
3. Tol Padaleunyi
4. Tol Palimanan-Kanci
5. Tol Semarang Seksi A, B, C
6. Tol Surabaya-Gempol
7 Tol Kanci-Pejagan
8 Tol Pejagan-Pemalang
9 Integrasi Tol Jakarta-Cikampek Layang

(fdl/fdl)