Alat Tes Corona GeNose Rp 62 Juta/Unit, Hasilnya Bisa buat Syarat Wira-wiri?

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 16 Jan 2021 10:00 WIB
genose
Foto: istimewa
Jakarta -

Alat tes Corona (COVID-19) buatan anak bangsa GeNose dirilis sebanyak 3.000 unit pada bulan depan. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Produksi Konsorsium GeNose C19 Eko Fajar Prasetyo.

GeNose adalah alat deteksi virus Corona (COVID-19) lewat embusan napas yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada (UGM). Produk tersebut dalam waktu dekat bisa digunakan untuk tes virus Corona.

"Untuk target Februari, kami sekarang sedang menghitung, kami target Februari 3.000 rilis Insyaallah," kata dia dalam webinar, kemarin Jumat (15/1/2021).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Ristek/BRIN Ali Ghufron Mukti mengatakan GeNose dijual Rp 62 juta. "Kira-kira berapa harga jual alat ini? ini Rp 62 juta lah alatnya," sebutnya.

Pada webinar tersebut, Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan alat tes Corona, GeNose kebanjiran order.

Order yang sudah diterima, dijelaskannya melebihi kapasitas produksi. Untuk itu dirinya meminta industri yang terlibat dalam produksi GeNose bisa meningkatkan kapasitasnya.

Apakah nanti hasil tes memakai GeNose bisa digunakan sebagai syarat bepergian? Baca penjelasannya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2