ADVERTISEMENT

Waskita Akhiri Pemeringkatan dengan Fitch Ratings, Kenapa?

Angga Laraspati - detikFinance
Sabtu, 16 Jan 2021 17:57 WIB
PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Waskita Karya Infrastruktur mendapatkan 3 sertifikat ISO yang diberikan oleh Sucofindo pada 14 Agustus 2020.
Foto: Istimewa
Jakarta -

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mengakhiri pemeringkatan dengan PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch). Waskita pun memutuskan untuk menggunakan peringkat BBB dari Pefindo.

Pada rilis yang diterbitkan Fitch (14/10 kemarin, Fitch menarik peringkat nasional Waskita untuk program obligasi tanpa jaminan (senior unsecured note programme) Waskita serta obligasi yang diterbitkan pada program tersebut.

Keputusan untuk mengakhiri pemeringkatan melalui Fitch tersebut diambil oleh manajemen Waskita dengan mempertimbangkan peringkat ganda bagi Waskita. Selain Fitch, PT Pemeringkatan Efek Indonesia (Pefindo) juga telah menyematkan peringkat 'BBB' dengan outlook stabil untuk waskita dan program obligasi Waskita.

"Kami tidak ingin menimbulkan kebingungan investor akibat adanya peringkat ganda," terang Sekretaris Perusahaan Waskita Ratna Ningrum dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/1/2021).

"Mempertimbangkan hal tersebut, kami memutuskan untuk menggunakan peringkat BBB dari Pefindo yang masuk pada kategori Investment Grade," lanjut Ratna.

Penarikan peringkat Fitch ini direspons baik oleh pasar. Terbukti dengan segera dimulainya aktivasi kembali penjualan obligasi Waskita di pasar sekunder. Harga saham Waskita juga naik signifikan dalam perdagangan hari ini.

Dengan telah ditariknya peringkat dari Fitch, saat ini Waskita dan seluruh obligasi outstanding Waskita menggunakan peringkat yang diberikan oleh Pefindo.

(akd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT