Donor Plasma Konvalesen, Airlangga Jelaskan soal Positif COVID-19

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 19 Jan 2021 13:58 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan donor plasma konvalesen. Donor itu dilakukan karena Airlangga sendiri sudah pernah terjangkit COVID-19.

Hal itu pun dipertegas oleh Jubir Kemenko Perekonomian, Alia Karenina melalui keterangan tertulisnya, Selasa (19/1/2021).

"Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sempat terdeteksi positif COVID-19 di tahun 2020 lalu. Dan saat itu, sudah diterapkan 3T (testing, tracing dan treatment) secara optimal," tuturnya.

Menurut Alia, Airlangga melakukan donor plasma konvalesen sebagai bentuk rasa syukur karena sudah diberikan berkah kesehatan, sembuh dari COVID-19.

"Maka Beliau mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien COVID-19 lain. Selain itu, Beliau juga berharap semakin banyak penyintas Corona yang mendonorkan plasma di masa yang akan datang," tulisnya.

Dalam akun instagram resminya, Airlangga mengunggah foto tengah melakukan donor plasma dalam program Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen.

(das/eds)