Orang Introvert Mau Jadi Pengusaha Sukses, Emang Bisa?

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 20 Jan 2021 06:40 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Introvert adalah pribadi seseorang yang lebih cenderung pendiam dan lebih suka menyendiri. Sementara pengusaha sukses cenderung memiliki sifat-sifat pemimpin yang mampu mendorong ratusan bahkan ribuan karyawannya.

Lalu apakah itu artinya seorang introvert tidak bisa menjadi pengusaha sukses?

Coach Bisnis, Tom Martin Charles Ifle menilai sebenarnya ada yang salah tentang stigma atau persepsi introvert dan ekstrovert. Introvert selalu dianggap pemalu hingga tidak kreatif, sebaliknya ekstrovert dianggap berani, percaya diri, dan cerdas.

Padahal itu belum tentu bisa dibenarkan. Sebab dalam analisa yang dilakukan Genome Project di AS, ada sekitar 17 ribu C-suite executives yang diteliti. Di antaranya ada 2 ribu CEO sukses yang ternyata adalah seorang introvert.

"Jadi kita perlu mengubah pikiran kita, bahkan banyak orang yang introvert karena memang karakteristiknya tidak seperti ekstrovert, lalu kemudian dilabeli oleh orang-orang yang ekstrovert menjadi tidak PD yang awalnya PD, baik-baik saja," tuturnya dalam acara d'Mentor detikcom, Rabu (20/1/2021).

Menurut Founder Top Coach Indonesia itu sejatinya tidak ada orang yang murni introvert ataupun ekstrovert. Semua orang memiliki unsur keduanya. Namun kadar introvert dan ekstrovert di dalam diri setiap orang berbeda-beda.

"Ada buku The Power of Introverts, jadi ada sebuah penelitian di mana introvert dan ekstrovert memiliki potensi yang sama. Jadi tidak ada istilah introvert lebih buruk dari ekstrovert," tuturnya.

Tom juga menepis sebuah mitos yang menyebut bahwa orang introvert tidak bisa mempunyai bisnis yang dimiliki orang ekstrovert, atau sebaliknya. Sebab ternyata deretan pengusaha sukses seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffett, Elon Musk, dan Larry Page adalah orang yang memiliki karakteristik introvert.

"Mereka adalah orang-orang yang mengaku dirinya introvert dan memiliki karakteristik seorang introvert tetapi memiliki bisnis yang sukses, memiliki bisnis yang besar dan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan oleh orang-orang ekstrovert," tuturnya.

Oleh karena itu, Tom menegaskan, pertanyaannya bukan bisnis apa yang cocok dijalani si introvert, melainkan bagaimana seorang introvert bisa mengendalikan dan mengenali dirinya sendiri. Karena bisnis apapun bisa dikuasai oleh keduanya bahkan oleh seorang ambivert.



Simak Video "Bisnis Untuk Si Introvert"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)