Ingat Lagi Janji Pemerintah Jokowi Harga Daging Sapi Rp 80.000

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 20 Jan 2021 18:20 WIB
Harga Daging Sapi di Pasar Senen Masih Normal
Foto: 20Detik
Jakarta -

Harga daging sapi saat ini sedang mengalami kenaikan. Pedagang di Pasar Ciracas, Jakarta Timur menyebutkan harga daging sapi di pemotongan sudah mencapai Rp 130 ribu per kilogram. Sementara biasanya pedagang menjual ke konsumen di harga Rp 120 ribu per kilogram.

Sebenarnya masalah harga daging sapi ini sudah menjadi perhatian sejak bertahun-tahun lalu.

Dari catatan detikcom 30 April 2016 disebutkan, Presiden Joko Widodo pernah meminta harga pangan bisa turun. Untuk daging sapi diharapkan bisa di bawah Rp 80 ribu per kilo.

Namun saat itu Komite Daging Sapi Jakarta Raya menyebutkan jika penurunan harga akan sulit dilakukan. Hal ini karena pemerintah terlambat mengeluarkan izin impor sapi kuartal II 2016.

Karena sapi akan datang saat kebutuhan tak lagi tinggi. Karena momentul lebaran sudah lewat. Sementara itu sapi lokal dinilai tak mampu memenuhi kebutuhan saat lebaran.

Kemudian detikcom mencatat, 17 Januari 2019 disebutkan dalam visi misi salah satu calon presiden menyebutkan akan menurunkan harga komoditas pangan. Terutama untuk daging sapi yang saat itu masih terpantau tinggi yakni di angka Rp 120 ribu per kilogram.



Simak Video "Harga Daging Sapi Meroket, Pedagang di Parepare Dilema"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)