Segini Kekayaan Joe Biden yang Resmi Jadi Presiden AS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 21 Jan 2021 11:39 WIB
Joe Biden saat dilantik menjadi Presiden AS (CNN)
Joe Biden/Foto: CNN
Jakarta -

Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) menggantikan Donald Trump. Biden mengalahkan Trump dalam perhitungan suara saat pemilihan tahun lalu.

Dilansir Forbes kekayaan Biden dan istrinya Jill diperkirakan mencapai US$ 9 juta atau sekitar Rp 126 miliar dengan asumsi kurs Rp 14.000. Kekayaan ini terdiri dari dua rumah Delaware senilai US$ 4 juta atau Rp 56 miliar, uang tunai dan investasi US$ 4 juta atau sekitar Rp 56 miliar dan uang pensiun sebesar US$ 1 juta atau setara dengan Rp 14 miliar.

Ayah Biden, Joe Sr dibesarkan di keluarga yang berkecukupan. Karena sebelumnya kakek Biden Joseph bekerja di perusahaan minyak American Oil.

Kemudian ayah Biden mengalami kegagalan bisnis real estat di Boston. Kemudian akibat kebangkrutan itu keluarga Biden pindah ke sebuah apartemen di Wilmington, Delaware. Saat itu usia Biden baru menginjak 10 tahun.

Lalu sang ayah bekerja sebagai penjual mobil. Dari sinilah Biden berhasil menyelesaikan sekolahnya dan ia juga sekolah sambil bekerja demi membayar uang sekolah sebesar US$ 300 per tahun.

Biden lulus dari Universitas Delaware dan lulus sarjana hukum di Universitas Syracuse. Setelah tahun pertama sekolah hukum ia menikah, dan ketika lulus pada tahun 1968 kembali ke Wilmington bersama istrinya Neilia.

Pasangan itu dengan cepat mengumpulkan dana untuk membeli tiga properti sewaan di daerah itu, dengan bantuan dari kedua pasangan orang tua. Biden bekerja sebagai pengacara di sebuah perusahaan lokal.

Pada tahun 1972, saat berusia 29 tahun, dia menjadi salah satu kandidat termuda yang pernah terpilih menjadi anggota Senat. Perayaan itu tidak berlangsung lama.

Hanya beberapa minggu setelah pemilihan, istri dan bayi perempuan Joe Biden meninggal dalam kecelakaan mobil. Anaknya Beau dan Hunter selamat dengan luka parah.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mantan Presiden AS Hadiri Pelantikan Biden, Kecuali Trump"
[Gambas:Video 20detik]