Ngebet Punya PS5 yang Baru Dirilis? Coba 5 Tips Ini Biar Kebeli

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 22 Jan 2021 10:20 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Foto: (Unsplash/RRQ)
Jakarta -

PS5 atau PlayStation 5 resmi rilis di Indonesia hari ini, 22 Januari 2021. Menurut catatan detikcom, harga PS5 dibanderol mulai dari Rp 7 jutaan per unit hingga Rp 8,8 jutaan per unit.

Melihat harga PS5 yang cukup mahal, tentu perlu perencanaan keuangan yang matang terlebih dahulu. Agar bisa membeli barang impian tanpa terbebani di belakangnya.

Perencana keuangan Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho membagikan tips menyiapkan dana untuk membeli PS5 kepada detikcom. Ini 5 tipsnya:

1. Menabung Minimal 10% dari Gaji Pokok

Andy mengatakan cara paling pas menyiapkan dana membeli PS5 dengan menabung dari gaji pokok. Menurutnya, bisa menabung dari 10% dari gaji pokok tiap bulan.

Kemungkinan dengan menabung seperti ini akan membuat penyesuaian pada biaya hidup sehari-hari. Tapi, dia menegaskan sebelum menabung, pastikan dulu biaya-biaya tetap tiap bulan bisa dipenuhi dari gaji pokok.

"Yang jelas memang harusnya menabung ya. Nah nabung ini sesuai dengan kemampuannya dia. Pertama harus pastikan biaya yang fix dipenuhi dulu, misalnya, bayar utang, sewa rumah, kredit, pokoknya biaya yang tiap bulan mesti dibayar," kata Andy kepada detikcom, Rabu (4/11/2020).

2. Tambah Pemasukan

Jika kemungkinan menabung bisa memakan waktu lama. Andy menyarankan untuk masuk ke dalam instrumen investasi. Dia menyebut, reksa dana pasar saham paling cocok. Pasalnya, untuk investasi ke instrumen ini sangat murah dan mudah. Imbal hasilnya pun cukup lumayan menghasilkan.

"Kalau nabung mungkin bisa lama, dianjurkan menabung di instrumen investasi. Paling mudah dan murah ya reksa dana pasar saham, imbal hasilnya juga lumayan bagus, bisa 3-4%, kalau untung bisa juga 10%. Bisa saja tiap bulan 500 ribu misalnya ditaruh di situ, mungkin paling lama nabung setahun bisa dikejar," ujarnya.

Tips lain buat beli PS5 di halaman berikutnya>>>