Orang Kaya Dunia Ramai-ramai Tinggalkan California, Lho Kenapa?

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 24 Jan 2021 12:02 WIB
Sebar Duit
Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim
Jakarta -

Orang kaya dunia ramai-ramai meninggalkan California karena negara itu dirasa membuatnya menderita. Mereka memilih pergi ke negara bagian seperti Texas, Arizona, dan Florida.

Dilansir dari CNBC, Minggu (24/1/2021), pada tahun 2020 Oracle, Palantir, dan Hewlett-Packard Enterprise termasuk di antara perusahaan yang mengumumkan bahwa mereka akan memindahkan kantor pusat mereka dari Golden State.

Miliarder kaya dari industri teknologi yang memutuskan untuk pindah baru-baru ini termasuk Larry Ellison, Drew Houston, Joe Lonsdale, dan Elon Musk, yang saat ini orang terkaya di dunia.

Hal itu membuat populasi California dan pertumbuhan pekerjaannya melambat karena banyak kekhawatiran tentang pajak yang tinggi, biaya hidup yang tinggi dan peraturan yang berat. Dengan meningkatnya pekerjaan jarak jauh pada tahun 2020, lebih dari 135.000 orang telah meninggalkan California.

Meskipun beberapa nama besar berkomitmen tidak akan meninggalkan California, satu survei baru-baru ini menemukan bahwa dua dari setiap tiga pekerja Bay Area akan meninggalkan daerah tersebut secara permanen jika mereka terus bekerja dari rumah tanpa batas waktu.

Bay Area adalah sebuah area di San Francisco, Amerika Serikat (AS) yang di dalamnya terdapat Silicon Valley, pusat perusahaan teknologi. Dropbox, Twitter, dan Facebook adalah beberapa perusahaan Bay Area yang telah menawarkan pekerjaan jarak jauh permanen kepada sebagian besar karyawan.

(zlf/zlf)