Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 yang Segera Dibuka

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 06:50 WIB
Capres Jokowi memamerkan KIP Kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Kartu Prakerja gelombang 12 dipastikan menjadi salah satu program pemerintah yang berlanjut di 2021 ini. Hal itu dikatakan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Di tahun 2021 ini program perlindungan sosial tetap dilanjutkan. (Yang dilanjutkan) Program Kartu Sembako, Program Keluarga Harapan, Bantuan Sosial Tunai, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai Desa tetap dilanjutkan. Selain itu juga ada insentif tenaga kesehatan dan pemberian insentif usaha termasuk Bantuan Modal Kerja bagi UMKM," kata Jokowi dalam Sidang MPL-PGI, Senin (25/1/2021).

Meski belum diketahui pasti kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka, alangkah baiknya ketahui dulu cara daftarnya.

Cara daftar Kartu Prakerja gelombang 12 hanya melalui situs www.prakerja.go.id dan akan diumumkan secara resmi di medianya seperti website www.prakerja.go.id, Instragram www.instagram.com/prakerja.go.id dan Facebook www.facebook.com/prakerja.go.id.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 12:

1. Login kartu prakerja di laman www.prakerja.go.id

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukkan data diri, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.

Harap diperhatikan agar lolos kartu prakerja gelombang 12 yakni nama, tanggal lahir, dan alamat harus sesuai data di KTP.

3. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online

4. Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka

5. Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Kartu Prakerja gelombang 12.

Selamat mencoba Kartu Prakerja gelombang 12!

(aid/eds)