IKEA Mulai Jual Onderdill untuk Funiturnya, Buat Apa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 14:34 WIB
Ada ulat di dalam hidangan nasi, Ikea dihukum denda
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Raksasa furnitur IKEA berencana menjual onderdil atau suku cadang untuk produknya. Perusahaan asal Swedia itu mengatakan nantinya selain mur dan baut yang ditawarkan gratis, pengganti kulit dan sanggahan kaki sofa juga akan dijual.

Dikutip dari BBC, Selasa (26/1/2021) rencana itu tujuannya untuk memperpanjang umur produknya dan menghilangkan gagasan bahwa IKEA perusahaan yang membuat barang sekali pakai.

Untuk rencana ini IKEA mengatakan masih dalam rencana tahap awal, belum ada tanggal pasti onderdil mulai dijual. Kepala Petugas Inter IKEA, Lena Pripp-Kovac mengatakan saat ini perusahaan tengah menguji beberapa produknya terlebih dahulu.

Meskipun mencoba membuat produknya bertahan lebih lama, menurut perusahaan hal itu akan berdampak pada penjualan furnitur model baru. Kemungkinan penjualan furnitur model baru akan menurun.

Selain mencoba untuk mempertahankan produknya digunakan lebih lama, IKEA juga mulai mencari upaya untuk membuat produk daur ulang.

Targetnya lebih dari 98% produknya berasal dari kayu daur ulang atau dari hutan yang legal untuk diproduksi. Perusahaan menginginkan setidaknya sepertiga kayu didaur ulang mulai tahun 2030.

(eds/eds)